Implementasi pengembangan Bakat Minat Siswa melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung.Tahun Pelajaran 2018-2019.

Rizal, Saiful (2020) Implementasi pengembangan Bakat Minat Siswa melalui kegiatan kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung.Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Saiful Rizal_084158004.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci Implementasi, bakat minat siswa, kegiatan kepramukaan Kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari pengembangan institusi sekolah. Berbeda dari pengaturan kegiatan intrakurikuler yang secara jelas disiapkan dalam perangkat kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler lebih mengandalkan inisiatif sekolah. Dan melalui partisipasinya dalam kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik dapat belajar dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Identifikasi pengembangan Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung? 2)Pelaksanaan Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung? 3) Evaluasi Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendiskrpsikan Identifikasi Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung. 2) Untuk Mendiskrpsikan Pengembangan Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung. 3) Untuk Mendiskrpsikan Evaluasi Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung. Dalam mendeskripsikan permasalahn tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Bakat Minat Melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung Tahun Pelajaran 2018/2019, maka hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1), Identifikasi Bakat dan Minat melalui proses pendekatan yang cukup matang. Pengembangan diri bukan suatu mata pelajaran yang harus dibimbing oleh guru namun dapat difasilitasi oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat dan mengekspresikan diri tiap peserta didik sesuai dengan kebutuhan, dengan keadaan sekolah dan daerahnya.2), Bakat Minat Siswa melalui Kegiatan Kepramukaan di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung telah berhasil, dilihat dari kenyataan yang ada Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung telah mampu menyeimbangkan antara proses dengan hasil melalui berbagai kegiatan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri dimata masyarakat. 3), evaluasi keberhasilan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk menunjang pengembangan diri siswa. Di Madrasah Ibtidaiyah Al Azhar Ajung ini memiliki dua bentuk evaluasi yaitu evaluasi pembina dan evaluasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 02:25
Last Modified: 23 May 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23746

Actions (login required)

View Item View Item