Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Angkatan 2017 Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember.

Arifin, Samsul (2020) Pengaruh Pelayanan Administrasi Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa Angkatan 2017 Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Samsul Arifin_T20163033.pdf

Download (21MB)

Abstract

Kata Kunci : Pelayanan Administrasi Akademik, Kepuasan Mahasiswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh lembaga pendidikan yang merupakan suatu produk dalam bentuk jasa layanan pendidikan. Setiap lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta tentunya menyediakan jasa layanan akademik untuk melayani seluruh stakeholder. Pelayanan dalam lembaga pendidikan berupa layanan administrasi yang berguna untuk memberikan kemudahan dan kelancaran dalam memenuhi kebutuhan di lembaga pendidikan tersebut. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah persepsi mahasiswa angkatan 2017 tentang pelayanan administrasi akademik di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember? 2) Bagaimanakah tingkat kepuasan mahasiswa angkatan 2017 di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Jember? 3) Apakah pelayanan administrasi akademik yang meliputi dimensi tangible, reliability, responsiveness, emphaty dan assurance berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa angkatan 2017 di FTIK IAIN Jember? 4) Apakah pelayanan administrasi akademik yang meliputi dimensi tangible, reliability, responsiveness, emphaty dan assurance berpengaruh secara individu terhadap kepuasan mahasiswa angkatan 2017 di FTIK IAIN Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian terapan yang dilakukan di FTIK IAIN Jember. Populasi meliputi seluruh mahasiswa angkatan 2017 yaitu berjumlah 1086 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel dengan rumus issac and michael diperoleh 109 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi mahasiwa angkatan 2017 tentang pelayanan administrasi akademik pada variabel tangible diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,76, variabel reliability sebesar 3,33, variabel responsive sebesar 3,51, variabel empaty sebesar 3,47 dan variabel assurance sebesar 3,54. 2) Tingkat kepuasan mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase 53%. 3) Terdapat pengaruh signifikan pelayanan administrasi akademik secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa angkatan 2017 di FTIK IAIN Jember. 4) Terdapat tiga variabel (tangible, responsive dan assurance) berpengaruh signifikan secara individu dan dua variabel (reliability dan empaty) tidak berpengaruh signifikan secara individu terhadap kepuasan mahasiswa angkatan 2017 di FTIK IAIN Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 02:35
Last Modified: 23 May 2023 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23749

Actions (login required)

View Item View Item