Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Digital Dilengkapi Tokoh Kartun pada Materi Sistem Gerak Siswa Kelas XI MIPA SMA/MA.

Suryani, Septi Irma (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Digital Dilengkapi Tokoh Kartun pada Materi Sistem Gerak Siswa Kelas XI MIPA SMA/MA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Septi Irma Suryani_T20178073.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci : ADDIE, modul digital, sistem gerak Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa agar dapat dipelajari secara mandiri dengan bimbingan minimal dari guru. keberadaan modul dapat memungkinkan suatu pembelajaran berlangsung secara lebih mandiri jika dibandingkan dengan bahan ajar yang lain. Hal ini menyesuaikan sistem pendidikan Indosesia yang diarahkan ke siswa sebagai subyek pembelajaran dan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Kehadiran modul digital ini sangat penting dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini, yaitu kondisi dimana sekolah di Indonesia dilaksanakan secara daring akibat wabah covid 19. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kevalidan modul pembelajaran biologi digital dilengkapi tokoh kartun pada materi sistem gerak siswa kelas XI MIPA SMA/MA ditinjau dari aspek validasi materi, 2) Bagaimana kevalidan modul pembelajaran biologi digital dilengkapi tokoh kartun pada materi sistem gerak siswa kelas XI MIPA SMA/MA ditinjau dari aspek validasi media, 3) Bagaimana respon siswa terhadap modul pembelajaran biologi digital dilengkapi tokoh kartun pada materi sistem gerak siswa kelas XI MIPA SMA/MA. Penelitian bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kevalidan modul pembelajaran biologi digital dilengkapi tokoh kartun pada materi sistem gerak siswa kelas XI MIPA SMA/MA ditinjau dari aspek validasi materi, 2) Mendeskripsikan kevalidan modul pembelajaran biologi digital dilengkapi tokoh kartun pada materi sistem gerak siswa kelas XI MIPA SMA/MA ditinjau dari aspek validasi media, 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap modul pembelajaran biologi digital dilengkapi tokoh kartun pada materi sistem gerak siswa kelas XI MIPA SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dimodifikasi yaitu Analysis, Design, dan Development. Berdasarkan hasil penelitian produk yang telah dikembangkan dengan model ADDIE yang dimodifikasi bahwasannya kevalidan produk setelah divalidasi oleh tim ahli yaitu dari ahli materi memperoleh presentase sebesar 86,6% kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi, ahli media memperoleh presentase sebesar 93,3% kriteria sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Untuk respon siswa memperoleh presentase sebesar 89,02% kriteria sangat menarik. Sehingga modul pembelajaran biologi digital dilengkapi tokoh kartun pada materi sistem gerak dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi siswa kelas XI MIPA SMA/MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 03:29
Last Modified: 23 May 2023 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23754

Actions (login required)

View Item View Item