Pembentukan Karakter Religius Berbasis Pembiasaan Melalui Kegiatan IPNU IPPNU di MA Darul Hidayah Benelan Lor Kabat Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020

Maulidi, Shofi (2020) Pembentukan Karakter Religius Berbasis Pembiasaan Melalui Kegiatan IPNU IPPNU di MA Darul Hidayah Benelan Lor Kabat Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shofi Maulidi_T20151080.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembentukan Karakter religius dibagi menjadi empat pilar. Yakni kegiatan belajar mengajar dikelas; kegiatan keseharian dalam bentuk pengembangan budaya satuan pendidikan; kegiatan ekstrakulikuler; serta kegiatan-kegiatan keseharian dimasyarakat. Dalam prakteknya dalam membentuk karakter religius lebih banyak dilakukan didalam kelas. Karena kelas merupakan tempat siswa mendapatkan pengetahuan baru. Selain didalam kelas kegiatan extrakulikuler merupakan tempat yang berpotensi dalam pembentukan karakter religius, salah satunya yaitu melalui kegiatan extrakulikuler IPNU IPPNU, dimana extrakulikuler IPNU IPPNU menjadi wadah pembentukan karakter religius dan mengembangkan potensi dan prestasi peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan melalui kegiatan IPNU dan IPPNU di MA Darul Hidayah Benelan Lor Kabat Banyuwangi? 2) bagaimana hasil yang diperoleh dari pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan melalui kegiatan IPNU dan IPPNU di MA Darul Hidayah Benelan Lor Kabat Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles, Huberman, dan Saldana meliputi: Koleksi data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) dalam pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan melalui kegiatan IPNU IPPNU di MA Darul Hidayah Kabat Banyuwangi itu berlangsug pada setiap hari jum’at jam 13.00 dan hari minggu jam 08.00. pada setiap kegiatan rutinannya selalu didampingi oleh pembina IPNU IPPNU di MA Darul Hidayah, bacaanya berisi kalam Allah SWT dan dzikir kepada Allah SWT. Kegiatan tersebut menjadi wadah pengembangan bakat anggota dan juga berhasil memberi dampak yang cukup besar terhadap karakter religius anak yaitu lebih taat beribadah dan tertib dalam menaati peraturan sekolah maupun aturan yang sudah di tentukan oleh agama. 2) hasilnya pembentukan karakter religius berbasis pembiasaan yaitu: siswa/anggota ttingkah lakunya menjadi hormat dan santun, menjadi hafal surat yasin dan tahlilnya, membaca Al-Qur’an menjadi fasih dan lancar, memiliki sikap jujur kepada semua orang, menjadi lebih dekat kepada Allah SWT, memiliki sikap religius, menjadi percaya diri dalam situasi apapun, memiliki sikap toleransi dan cinta damai kepada siapapun, menjadikan siwa/anggota lebih peduli kepada sesama temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 23 May 2023 03:29
Last Modified: 23 May 2023 03:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item