Probematika wanita karier dalam membangun keluarga sakinah di dusun salak desa sumber salak kecamatan ledokombo kabupaten jember

alfiatus sholehah, Luluk (2023) Probematika wanita karier dalam membangun keluarga sakinah di dusun salak desa sumber salak kecamatan ledokombo kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Luluk Alfiatus Sholehah_D20183011. pdf..pdf

Download (9MB)

Abstract

Luluk Alfiatus Sholehah, 2023: Problematika Wanita Karier dalam Membangun Keluarga Sakinah di Dusun Salak Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
Kata Kunci : Problematika Wanita Karier, Membangun Keluarga Sakinah.
Seorang wanita karier pasti memiliki masalah dalam membangun keluarga yang sakinah, baik masalah dalam keluarga maupun di tempat kerja yang kurang mendukung. Permasalahan yang sering dihadapi oleh wanita karier sendiri ialah kurangnya waktu bersama keluarga karena terhalang pekerjaannya sehingga menyebabkan kurangnya kebersamaan bersama keluarga, kurangnya komunikasi yang baik sehingga sering terjadi pertengkaran emosional dalam keluarganya, di tempat kerja juga sering terjadi permasalahan karena tugas yang tidak kunjung selesai. Problem wanita karier ini harus ada dukungan dari keluarga dan teman terdekat agar wanita karier tidak gampang stres dan bisa menghadapi permasalahannya dengan baik dan mudah untuk diselesaikan
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana problematika wanita karier dalam membangun keluarga sakinah didusun salak Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? 2) Bagaimana cara wanita karier dalam membangun keluarga sakinah didusun Salak Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Problematika Wanita Karier dalam Membangun Keluarga Sakinah di Dusun Salak Desa Sumber Salak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. 2) Untuk Mengetahui Cara Wanita Karier Dalam Membangun Keluarga Sakinah di Dusun Salak Desa Sumber Salak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus atau langsung terjun ke lapangan. Sedangkan untuk subyek penelitian menggunakan purposive. Adapun teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu untuk menganalisis data penelitian peneliti menggunakan jenis analisis Miles dan Hubermn yang terdiri dari kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triagulisasi sumber dan triangulisasi teknik.
Deskripsi hasil penelitian ini adalah: 1) problematika yang dihadapi wanita karier dalam membangun keluarga sakinah ialah kurangnya komunikasi yang baik antar keluarga, kurangnya waktu kebersamaan antar keluarga, kurangnya dalam mendidik anak. 2) cara wanita karier dalam membangun keluarga sakinah di Dusun Salak Desa Sumber Salak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember yaitu menjalankan tugas dan perannya yang berlandaskan pada Al-Quran dan Hadits, saling menghomati dan menyayangi antar anggota keluarga, saling menjaga kepercayaan serta menjaga hubungan baik dengan orang tua dan saudara ipar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika Wanita Karier, Membangun Keluarga Sakinah
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mis Luluk Alfiatus Sholehah
Date Deposited: 25 May 2023 01:18
Last Modified: 25 May 2023 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item View Item