Implementasi model pembelajaran problem based laearning pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kemampuan siswa di MAN 1 Situbondo

Prasetyo, Dony (2023) Implementasi model pembelajaran problem based laearning pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kemampuan siswa di MAN 1 Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DONY PRASETYO (T20181139).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Model problem based learning, Mata pelajaran fiqih, Kemampuan
siswa
Pendidikan pada era ini mempengaruhi kualitas kehidupan bangsa. Peran
pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan cerdas, berkarakter
jiwa islami dan damai. Pembaruan pendidikan harus selalu dilakukan untuk
meningkatkan kulitas pendidikan nasional.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi model
pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran fiqih dalam
meningkatkan kemampuan siswa indikator berfikir kritis di MAN 1 Situbondo ?,
(2) Bagaimana implementasi model pembelajaran problem based learning pada
mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kemampuan siswa indikator analisis
dan berargumentasi di MAN 1 Situbondo ? dan (3)Bagaimana implementasi
model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran fiqih dalam
meningkatkan kemampuan siswa indikator memecahkan masalah siswa di MAN
1 Situbondo ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif,
adapun dengan jenis penelitian yang digunakan studi kasus. Sedangkan tehknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Tekhnik analisis data yang dilakukan sesuai teori Miles Huberman yakni:
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Hasil dari penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Problem based
learnig dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, analisis dan
berargumentasi, serta kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan dari
analisis data dan pemaparan data yang telah di lakukan maka dapat di simpulkan
bahwa hasil dari penerapan model Problem Based Learning dari hasil observasi
pada saat kegiatan pembelajaran pada 2 pertemuan rata rata 20 siswa mampu
mencapai indikator berpikir kritis, analisis dan berargumentasi, memecahkan
masalah. (1) Hal ini dibuktikan pada saat kegiatan pembelajaran indikator
berpikir kritis siswa mampu memberikan penjelasan walaupun dengan bahasa
sederhana, mampu menganalisis argumen yang diberikan, (2) Hal ini di buktikan
pada saat kegiatan pembelajaran indikator analisis dan berargumentasi siswa
mampu bertanya sesuai dengan materi pelajaran, mampu menjawab pertanyaan
yang diajukan, mampu menyanggah pendapat teman ketika diskusi, dan (3) Hal
ini di buktikan pada saat kegiatan pembelajaran indikator memecahkan masalah
siswa mampu bertanya sesuai dengan materi pelajaran, mampu merumuskan
masalah dari peristiwa tertentu, mampu menguji setiap tindakan yang telah dirumuskan melalui diskusi kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dony Prasetyo
Date Deposited: 30 May 2023 04:16
Last Modified: 30 May 2023 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item