Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember

Fauziah, Noor Aliza (2023) Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOOR ALIZA FAUZIAH_T20184063.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK

Noor Aliza Fauziah, 2022 : Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember.

Kata Kunci : Metode Diskusi Buzz Group, Hasil Belajar, Matematika.

Keberhasilan guru terhadap hasil belajar peserta didik bisa dilihat dari bagaimana guru dapat mengembangkan kegiatan belajar peserta didik agar terlihat menarik dan menjadikan peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu yang perlu dilakukan oleh guru yaitu mengembangkan metode pembelajaran yang dipakai saat pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana atau strategi pembelajaran yang sudah disusun dalam bentuk kerja nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi: 1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan metode diskusi buzz group pada materi operasi hitung pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember?; 2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan metode diskusi buzz group pada materi operasi hitung pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember?; 3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode diskusi buzz group dengan metode pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum menggunakan metode diskusi buzz group pada materi operasi hitung pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember. 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan metode diskusi buzz group pada materi operasi hitung pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode diskusi buzz group dengan metode pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksprimental Design yang memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal pre-test dan post-test yang berbentuk uraian, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Spearman Rank.
Hasil penelitian ini memperoleh hasil: 1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum diajarkan menggunakan metode diskusi buzz group adalah 53,33 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah 55,68. 2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diajarkan menggunakan metode diskusi buzz group adalah 67,22 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah 62,16.. 3) Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai asymp.sig.(2 tailed) yaitu 0,001 dan 0,020 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan uji Mann-Whitney diperoleh nilai asymp.sig.(2 tailed) yaitu 0,358 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode diskusi buzz group dengan pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung pecahan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif (MIMA) Zainul Hasan Balung Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Noor Aliza Fauziah
Date Deposited: 26 May 2023 08:57
Last Modified: 26 May 2023 08:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item