PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESI JURNALIS MUSLIM (Studi Kasus pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember)

Halimatus S., Nurul (2023) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESI JURNALIS MUSLIM (Studi Kasus pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL HALIMATUS S_D20181053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Profesi jurnalis muslim adalah suatu pekerjaan dimana seseorang melakukan proses meliput, mengolah dan menyebarluaskan suatu peristiwa melalui media massa dengan bermuatan nilai-nilai Islam yang berpegang teguh pada kaidah-kaidah jurnalistik yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Secara kurikulum dan porsi mata kuliah, prodi KPI membekali mahasiswa untuk menjadi seorang jurnalis muslim. Minat masyarakat terhadap prodi KPI yang ada di lingkungan Fakultas Dakwah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember cukup tinggi di bandingkan dengan prodi lain di lingkungan Fakultas Dakwah. Namun porsi kurikulum dan antusias masyarakaat terhadap prodi KPI tidak sebanding lurus dengan minat mahasiswa KPI untuk berprofesi sebagai jurnalis muslim. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaimana persepsi mahasiswa KPI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terhadap profesi jurnalis muslim dan apa faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi mahasiswa KPI UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terhadap profesi jurnalis muslim?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap profesi jurnalis muslim adalah proses menyebarkan berita yang berisi tentang Islam dan berpegang teguh pada prinsip-peinsippIslam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Kebanyakan mahasiswa tertarik untuk menjadi seorang jurnalis muslim karena ingin menyebarkan berita yang baik, faktual dan untuk mensyi’arkan agama Islam, sedangkan ada mahasiswa yang kurang tertarik untuk menjadi jurnalis muslim adalah dikarenakan ketidak percayaan diri mahasiswa terhadap tulisannya dan tidak tau kemedia mana mereka akan mengirimkan tulisannya.
Kata Kunci: Minat, Jurnalistik, Jurnalis Muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurul Halimatus
Date Deposited: 25 May 2023 01:11
Last Modified: 25 May 2023 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23786

Actions (login required)

View Item View Item