PENERAPAN GERAKAN LITERASI MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 BANYUWANGI

Wildhani, Mohammad Farhan (2023) PENERAPAN GERAKAN LITERASI MADRASAH DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIKS MOHAMMAD FARHAN WILDHANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mohammad Farhan Wildhani, 2023, Penerapan Gerakan Literasi Madrasah dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Banyuwangi
Kata Kunci : Gerakan Literasi Madrasah, Pembelajaran Akidah Akhlak

Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi merupakan sekolah terletak di kota Banyuwangi dan sekolah yang sudah menerapkan program Gerakan Literasi Madrasah. Mengatasi rendahnya minat baca siswa yang terkadang menghambat pelajaran di kelas menumbuh-kembangkan minat baca peserta didik serta meningkatkan kualitas peserta didik dalam berfikir secara kritis, inovatif dan mampu mencetak generasi-generasi literat yang unggul dan mempunyai pribadi yang ber-akhlakul karimah.
Penelitian ini memiliki fokus penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana kebijakan madrasah adanya gerakan literasi di MAN 2 Banyuwangi? 2) Bagaimana penerapan Gerakan Literasi Madrasah dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Banyuwangi? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan gerakan literasi di MAN 2 Banyuwangi?.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek pada penelitian ini meliputi : kepala madrasah, waka kurikulum, pembina duta literasi dan pembina perpustakaan, guru mata pelajaran akidah akhlak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interatif dari Miles huberman dan Saldana.
Hasil penelitian Gerakan Literasi Madrasah dalam pembelajaran akidah akhlak menunjukan bahwa : 1) kebijakan madrasah adanya gerakan literasi di MAN 2 (GELEM) membuat kegiatan literasi seperti halnya membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, adanya gerakan literasi outdoor bersama, pojok baca, resume materi, festival literasi dan elektronik literasi. 2) hasil penelitian selanjutnya yaitu guru mata pelajaran akidah akhlak mempunyai manfaat dalam ber-literasi dampak pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam gerakan literasi madrasah di MAN 2 banyuwangi yaitu Pemantauan teks materi pembelajaran, penggunaan berbagai model selama pembelajaran, Instruksi yang jelasdan eksplisit oleh guru, Respon terhadap berbagai pertanyaan, membuat pertanyaan, meringkas isi materi. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam gerakan literasi madrasah dalam pembelajaran akidah akhlak di MAN 2 Banyuwangi meliputi: A). Faktor pendukung : 1. Fasilitas meliputi perpustakaan yang memadai, pojok baca, koneksi internet yang baik, ruang lab komputer yang memadai, lcd/proyektor. 2. Siswa- siswi MAN 2 Banyuwangi memiliki antusias yang tinggi dalam ber-literasi. 3. Guru dan Staff di MAN 2 Banyuwangi mengomandani seluruh kegiatan seluruh kegiatan dalam program literasi madrasah. B). Faktor penghambat dalam pelaksanaan program literasi adalah niat dan stimulus yang harus teratur diberikan kepada siswa agar semangat dan semakin giat mengikuti program literasi yang dilaksanakan di MAN 2 banyuwangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Farhan Wildhani
Date Deposited: 31 May 2023 03:18
Last Modified: 31 May 2023 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23795

Actions (login required)

View Item View Item