IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI JALUR MANDIRI BERUBAH DI SMA NEGERI AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023.

Tholiah, Wardatut (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI AKHLAKUL KARIMAH MELALUI JALUR MANDIRI BERUBAH DI SMA NEGERI AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WARDATUT THOLIAH WATERMARK.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Kurikulum, Merdeka belajar, Akhlakul karimah Merdeka belajar merupakan tawaran dalam merekonstruksi sistem pendidikan dalam rangka menyongsong perubahan dan kemajuan bangsa yang dapat menyesuaikan dengan perubahan zaman. Dengan cara, mengembalikan hakikat dari pendidikan yang sebenarnya yaitu pendidikan untuk memanusiakan manusia atau pendidikan yang membebaskan. Dalam konsep merdeka belajar, antara guru dan peserta didik merupakan subjek di dalam system pembelajaran. artinya guru bukan dijadikan sumber kebenaran peserta didik, namun guru dan peserta didik berkolaborasi bergerak mencari kebenaran. artinya posisi guru di ruang kelas bukan untuk menanam atau untuk menyeragamkan kebenaran menurut guru, namun menggali kebenaran, daya nalar dan kritisnya peserta didik melihat dunia dan fenomenanya. Peluang berkembangnya internet dan teknologi menjadi momentum kemerdekaan belajar. Karena dapat meretas sistem pendidikan yang kaku atau tidak membebaskan. Termasuk mereformasi beban kerja guru dan sekolah yang terlalu dicurahkan pada hal yang administratif. Oleh sebab itu kebebasan untuk berinovasi, belajar dengan mandiri, dan kreatif dapat dilakukan oleh unit pendidikan, guru dan peserta didik Penelitian ini berfokus pada: (1) Bagaimana perencanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai Akhlakul Karimah Melalui Jalur Mandiri Berubah di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) Bagaimana pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai Akhlakul Karimah Melalui Jalur Mandiri Berubah di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? (3) Bagaimana evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai Akhlakul Karimah Melalui Jalur Mandiri Berubah di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dengan observasi semi partisipatif, wawancara semi struktur, dokumenter. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah yaitu: Teknik analisis data pada penelitian ini sebagai berikut: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini: triangulasi, member check vii Adapun hasil dari penelitian ini adalah dari perencanaan: 1).analsis capaian pembelajaran .2) penyusunan tujuan pembelajaran. 3). Menyusun alur tujuan pembelajaran, 4) asesmen diagnostik. Hasil dari pelaksanaan: 1), mengembangkan modul ajar, 2) penyesuaian pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik. 3) pengolahan asesmen formatif dan sumatif. Dari hasil evaluasi: 1). Pelaporan kemajuan belajar 2) evaluasi pembelajaran dan asesmen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wardatut Wardatut Yahya
Date Deposited: 26 May 2023 08:41
Last Modified: 26 May 2023 08:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23806

Actions (login required)

View Item View Item