Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Kepercayaan Publik di Sekolah Dasar Luqman Al Hakim Jember

Al-Islaam, Shibghatallaah Mujaaahid (2023) Implementasi Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Kepercayaan Publik di Sekolah Dasar Luqman Al Hakim Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi siap distribusi.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Hubungan Masyarakat (HUMAS) sangat dibutuhkan oleh Lembaga Pendidikan karena peran HUMAS sebagai jembatan perantara komunikasi antara sekolah dengan masyarakatnya. Sedangkan manajemen HUMAS memiliki fungsi membangun pengelolaan dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara lembaga dengan masyarakat sehingga dapat memberikan pengaruh kesuksesan bagi lembaga itu sendiri dan akan mendapatkan kepercayaan publik. Sekolah Dasar Luqman Al Hakim Jember dipilih menjadi lokasi penelitian karena banyak memiliki program humas yang menarik dan tidak dimiliki oleh lembaga lain. Selain itu, sekolah ini telah dikenal masyarakat karena memiliki banyak prestasi akademik, non akademik dan sebagai salahsatu sekolah swasta favorit di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Penelitian ini mempunyai tiga fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana Perencanaan Implementasi Manajemen HUMAS, (2) Bagaimana Pelaksanaan Implementasi Manajemen HUMAS, (3) Bagaimana Evaluasi Implementasi
Manajemen HUMAS dalam Membangun Kepercayaan Publik di Sekolah Dasar Luqman Al Hakim Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Manajemen HUMAS dalam Membangun Kepercayaan Publik di
Sekolah Dasar Luqman Al Hakim Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologis menggunakan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan, Pertama,perencanaan kerja HUMAS dilaksanakan dalam bentuk rapat kerja (RAKER) yang diadakan di sekolah pada tiap awal tahun ajaran yang dilakukan berdasarkan hasil evaluasi program kerja sebelumnya dan mempertimbangkan masukan-masukan dari masyarakat. Kedua, pelaksanaan dilakukan dalam bentuk program HUMAS, yang terdiri dari program rihlah, program Gerakan Infaq Shubuh (GIS), program pembinaan prestasi, wisuda akbar, pentas aku bisa, tahfidz camp, perkemahan jum’at sabtu ahad (PERJUMSABA), event lomba, pondok ramadhan dan kegiatan eksternalnya yaitu: home visit, paguyuban wali murid, kerjasama dengan instansi lain,
kunjungan silaturahim, learning to doing, my parent my teacher. Ketiga, evaluasi dilakukan dengan menganalisa program HUMAS yang telah dilaksanakan melalui rapat kerja setiap bulan, setiap semester ataupun rapat evaluasi kegiatan humas insidental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: shibghatal igo MPI C3 2019
Date Deposited: 29 May 2023 07:07
Last Modified: 29 May 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23812

Actions (login required)

View Item View Item