Pengembangan Video Animasi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Animaker pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk Siswa Kelas VII di SMPN 6 Jember

Nurafita, Ita (2023) Pengembangan Video Animasi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Animaker pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk Siswa Kelas VII di SMPN 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ita Nurafita NIM_T20197086.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Video Animasi, CTL, Animaker, Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai

Dalam proses kegiatan pembelajaran perlu adanya media pembelajaran untuk menunjung keberhasilan siswa dalam memahami materi. Penggunaan media pembelajaran mempengaruhi motivasi dan perhatian siswa. Berdasarkan observasi dan hasil wawancara guru SMPN 6 Jember bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran berupa video animasi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Mendeskripsikan kevalidan video animasi berbasis CTL menggunakan Animaker pada materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk siswa Kelas VII di SMPN 6 Jember, 2) Mendeskripsikan kepraktisan video animasi berbasis CTL menggunakan Animaker pada materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk siswa Kelas VII di SMPN 6 Jember, 3) Mendeskripsikan keefektifan video animasi berbasis CTL menggunakan Animaker pada materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk siswa Kelas VII di SMPN 6 Jember.
Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang sering dikenal dengan sebutan (R&D) dimana penelitian ini menggunakan model DDD-E singkatan dari (Decide, Design, Develop, Evaluate). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan Pre-test dan Post-test. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa untuk skala kecil dan 32 siswa untuk skala besar. Sedangkan untuk teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kevalidan, teknik analisis data kepraktisan, dan teknik analisis data keefektifan.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Pada kevalidan memperoleh nilai rata-rata persentase ahli materi sebesar 98% yang dikategorikan “sangat valid” dan untuk ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 86% yang dikategorikan “sangat valid”. 2) Kepraktisan diperoleh nilai rata-rata persentase untuk respon siswa skala kecil diperoleh skor sebesar 81,4% yang dikategorikan “sangat praktis”, sedangkan respon siswa skala besar diperoleh skor sebesar 89,8% yang dikategorikan “sangat praktis” dan untuk respon guru diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 86% yang dikategorikan “sangat praktis”.3) Keefektifan diperoleh dari uji Wilcoxon dengan Sig. 0,001 dimana <0.05 yang dapat dikatakan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi berbasis CTL menggunakan Animaker pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai sedangkan untuk uji N-Gain diperoleh skor rata-rata 0,72 yang dikategorikan “tinggi”. Berdasarkan ketiga tersebut maka Pengembangan Video Animasi Berbasis CTL Menggunakan Animaker pada Materi Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai untuk Siswa Kelas di VII SMPN 6 Jember dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ita Nurafita
Date Deposited: 29 May 2023 07:09
Last Modified: 29 May 2023 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23816

Actions (login required)

View Item View Item