PENGARUH PENGGUNAAN REWARD TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hamdani, Aldin (2023) PENGARUH PENGGUNAAN REWARD TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ALDIN HAMDANI-T20199048.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Aldin Hamdani,2023: pengaruh penggunaan reward terhadap
kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jelbuk
Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata kunci : Penggunaan reward, kepercayaan diri peserta didik, mata pelajaran
IPS
Pemberian reward dalam pendidikan atau metode pembelajaran
dimaksudkan sebagai sebuah penghargaan yang didapatkan melalui usaha keras
anak melalui belajar, baik melalui keleompok maupun individu yang
menghasilkan prestasi belajar. Penghargaan atas prestasi anak biasa diberikan
dalam bentuk materi dan non materi yang masing-masing sebagai bentuk motivasi
positif. reward juga di rasa sangat berpengaruh pada kepercayaan diri peserta
didik karena reward dapat membuat peserta didik dapat lebih bersemangat dalam
mengikuti aktivitas pembelajaran. Sebagai generasi penerus bangsa sikap
kepercayaan diri sangat penting ditanamkan pada diri seorang peserta didik agar ia
tumbuh menjadi sosok yang mampu mengembangkan potensi dirinya. Reward
yang di gunakan di SMP Negeri 1 Jelbuk di rasa kurang menarik bagi siswa
karena hanya hanya menggunakan tambahan nilai saja. Akan berbeda jika reward
yang di gunakan lebih ber variasi seperti penggunaan kartu paket data internet
yang akan sanagat menarik bagi peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh
penggunaan reward terhadap kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran
IPS di SMP Negeri 1 Jelbuk Tahun pelajaran 2022/2023 ? Tujuan penelitian ini
adalah : Untuk menganalisis pengaruh penggunaan reward terhadap kepercayaan
diri peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Jelbuk Tahun
pelajaran 2022/2023.
Penelitian yang di lakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan
kuantitatif. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan
analsisis regresi linear sederhana dengan menggunakan uji Validitas dan
Reliabilitas serta uji Normalitas, Linearitas dan Uji Hipotesis.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Data hasil analisis dan
penyajian hipotesis adalah sebesar 0.00 yang dapat di artikan hasil tersebut kurang
dari 0.05 Dapat di artikan bahwa hasil uji regresi linier sederhana di artikan
variabel independent yaitu penggunaan reward berperngaruh seginfikan terhadap
variabel dependent yaitu kepercayan diri siswa SMPN 1 Jelbuk tahun pelajaran
2022/2023. 2) Dapat di lihat di tabel R square di dapat angka 0.340 yang di
artikan bahwa variabel X yaitu penggunaan reward berpengaruh secara signifikan
sebesar 34% terhadap variabel Y yaitu kepercayaan diri peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Muhammad A Aldin Hamdani
Date Deposited: 26 May 2023 08:29
Last Modified: 26 May 2023 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23820

Actions (login required)

View Item View Item