GERAKAN PEMBAHARUAN RISALAH NUR TAHUN 1908 M - 1960 M

RAHMAWATI, ROSIANTI (2023) GERAKAN PEMBAHARUAN RISALAH NUR TAHUN 1908 M - 1960 M. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi Sidang Skripsi ROSIANTI RAHMAWATI SPI G.DOK Bismillah fiks 5 BARU.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rosianti Rahmawati. 2023. Gerakan Pembaharuan Risalah Nur di Turki Tahun 1908 M - 1960 M.

Gerakan pembaharuan pada dasarnya merupakan suatu aksi atau tindakan perubahan untuk mencapai tujuan mulia. Sebagaimana yang terdapat pada gerakan pembaharuan Risalah Nur yang dimotori oleh tokoh intelektual Turki Said Nursi. Ia menghadirkan pembaharuan dalam perspektif al-Qur’an untuk memperjuangkan keimanan, stabilitas sosial dan politik di Turki. Gerakan Risalah Nur berlangsung pada masa transisi peralihan dari Kekhalifahan Turki Utsmani ke masa Republik Turki.

Fokus penelitian ini ada tiga yaitu: (1) Seperti apa profil gerakan pembaharuan Risalah Nur di Turki (2) Bagaimana bentuk gerakan pembaharuan Risalah Nur di Turki (3) Bagaimana dampak gerakan pembaharuan Risalah Nur di Turki.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui gerakan pembaharuan Risalah Nur di Turki? (2) mengetahui bagaimana bentuk gerakan dalam pembaharuan Risalah Nur? serta (3) untuk mengetahui dampak yang dipengaruhi oleh gerakan pembaharuan Risalah Nur?.

Penelitian ini menggunakan metodologi sejarah dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori Cendekiawan antara Budaya dan Politik dalam Masyarakat Modern menurut Antonio Gramsci. Metode ini memacu pada suatu tokoh yang berkaitan dengan gerakan sosial sebagai perubahan dengan mengharap dapat mengubah sistem pemikiran melalui gerakan sosial.

Hasil penelitian dari kajian menemukan beberapa bentuk gerakan yang diusung oleh Said Nursi berupa gerakan jihad ma’nawi, gerakan pendidikan integratif dan konsep tasawuf modern. Dampak dari gerakan pembaharuan ini dapat dianalisa dari fenomena keagamaan, sosial dan politik di Turki ketika itu. Gerakan pembaharuan Said Nursi menampilkan jihad ma’nawi sebagai bentuk perjuangan literasi melalui tulisan dan cetak karya. Jihad ma’nawi juga berarti jihad dalam menegakkan keadilan, memberantas kebatilan dan mempertahankan aqidah. Sedangkan gerakan tasawuf modern mengarahkan pada kebenaran terhadap al-Qur’an dan hakikat keimanan. Pendidikan integratif mendorong perubahan dalam meningkatkan kualitas masyarakat menjadi well-educated (terdidik) dan tidak hanya mempelajari ilmu agama saja tetapi menyeimbangkan dengan ilmu sains modern untuk menghindari keterbelakangan sekaligus memperkokoh iman.

Kata kunci: Gerakan Pembaharuan, Risalah Nur, Said Nursi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160501 Aboriginal and Torres Strait Islander Policy
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Miss RAHMAWATI RAHMAWATI
Date Deposited: 26 May 2023 08:24
Last Modified: 26 May 2023 08:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23824

Actions (login required)

View Item View Item