Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sebagai Alat Pengendalian Internal Di MI Miftahus Sa'adah Desa Karangpring Sukorambi Jember

Musyarrofah, Musyarrofah (2023) Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sebagai Alat Pengendalian Internal Di MI Miftahus Sa'adah Desa Karangpring Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Musyarrofah_E20183081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bantuan Operasional Sekolah adalah program Pemerintah Pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasi personalia dan nonpersonalia bagi Madrasah yang bersumber dari dana alokasi Pemerintah Pusat. Dalam pengelolaan dana BOS dibutuhkan suatu sistem pengendalian internal. Terutama pengendalian internal atas penerimaan dan pengeluaran kas program dana BOS.
Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di MI Miftahus Sa'adah?. 2) Bagaimana pengendalian internal atas penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di MI Miftahus Sa'adah?. 3) Bagaimana sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS sebagai alat pengendalian internal di MI Miftahus Sa'adah?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di MI Miftahus Sa’adah. 2) Untuk mengetahui bagaimana pengendalian internal atas penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di MI Miftahus Sa’adah. 3) Untuk mengetahui bagaimana sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS sebagai alat pengendalian internal di MI Miftahus Sa’adah.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah telah berjalan dengan baik. 2) Pengendalian Internal atas penerimaan dan pengeluaran kas dana BOS di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah sudah berjalan dengan efektif. 3) Sistem Informasi Akuntansi dalam penerimaan dan pengeluaran kas pada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahus Sa’adah Sukorambi Jember sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku dibuku petunjuk teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan Dan Bantuan Operasional Sekolah Pada Madrasah dana BOS, sehingga tersedianya informasi yang akurat dan memadai sebagai alat pengendalian internal dalam mengontrol atau mengendalikan jalannya penggunaan atau pengeluaran kas dana BOS supaya tidak melenceng dari peraturan yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Pengendalian Internal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080610 Information Systems Organisation
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080611 Information Systems Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Musyarrofa Musyarrofah Musyarrofah
Date Deposited: 29 May 2023 07:12
Last Modified: 29 May 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23830

Actions (login required)

View Item View Item