Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A Di Raudhatul Athfal Al Hamidi Serut-Panti Kabupaten Jember

Jamilatul, Maghfiroh (2023) Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A Di Raudhatul Athfal Al Hamidi Serut-Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI JAMILATUL MAGFIROH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jamilatul Magfiroh, 2023, Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A Di Raudhatul AthfalAl Hamidi Serut-Panti Kabupaten Jember.
Kata kunci: pengembangan bahasa, media kartu huruf
Perkembangan bahasa merupakan salah satu perkembangan yang paling penting pada awal usia pertumbuhan anak. Perkembangan bahasa sangat erat kaitannya dengan perkembangan anak secara keseluruhan baik dari segi kognitif, sosial dan emosi. Perkembangan bahasa pada anak merupakan suatu kemampuan anak yang dapat mengungkapkan suatu hal yang baru. Di Raudhatul AthfalAl Hamidi sudah menggunakan media kartu huruf untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak kelompok A.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa melalui media kartu huruf pada anak kelompok A di Raudhatul AthfalAl Hamidi Serut-panti Kabupaten Jember? 2) Apa faktor pendukung serta faktor penghambat guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa melalui media kartu huruf pada anak kelompok A di Raudhatul AthfalAl Hamidi Serut-panti Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa melalui media kartu huruf pada anak kelompok A di Raudhatul AthfalAl Hamidi Serut-panti Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa melalui media kartu huruf pada anak kelompok A di Raudhatul AthfalAl Hamidi Serut-panti Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dapat disimpulkan bahwa:1) Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa melalui media kartu huruf di Raudhatul AthfalAl Hamidi Serut-panti Kabupaten Jember sudah, Dalam penggunaan media kartu huruf ada beberapa langkah, pertama guru akan menyiapkan bahan, kedua mengajak peserta didik untuk doa bersama, ketiga guru menjelaskan tema dan kegiatan yang akan diberikan, keempat guru membentuk kelompok, kelima peserta didik mulai mengerjakan dan keenam guru melakukan evaluasi atau tanya jawab terkait kegiatan yang telah dilakukan. 2) Adapun faktor pendukung yaitu peserta didik yang mempunyai rasa penasarannya tinggi, kemauan peserta didik untuk aktif berkomunikasi dengan guru maupun dengan temannya. Sedangkan faktor penghambat yang di alami peserta didik yaitu perilaku peserta yang beragam, konsentrasi peserta didik yang kurang dan suasana kelas yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Depositing User: Jamilatul Magfiroh
Date Deposited: 26 May 2023 09:28
Last Modified: 26 May 2023 09:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23834

Actions (login required)

View Item View Item