Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi

Faujiah, Reni (2023) Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RENI MUNTIQOTUL FAUJIAH-T20183101 WTM.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: implementasi, manajemen kesiswaan, kedisiplinan
Manajemen peserta didik sendiri merupakan proses pengurusan segala hal yang berkaitan dengan siswa, pembinaan sekolah mulai dari penerimaan siswa, pembinaan siswa berada di sekolah, sampai dengan siswa menamatkan pendidikannya mulai penciptaan suasana yang kondusif terhadap berlangsungnya proses belajar mengajar yang efetif. Oleh karena itu langkah awal yang dilakukan sekolah MA Negeri 4 Banyuwangi yakni mengelola manajemen kesiswaan dalam upaya memajukan lembaga pendidikan yaitu dengan mengelola kegiatan yang ada disekolah dan meningkatkan pencapaian yang diperoleh sekolah untuk kemajuan sekolah dengan tujuan agar mendapatkan perhatian dari masyarakat luas.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Negeri 4 Banyuwangi; 2) Bagaimana penerimaan siswa baru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Negeri 4 Banyuwangi; 3) Bagaimana evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Negeri 4 Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan, penerimaan siswa baru, dan evaluasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Negeri 4 Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis field reseach. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisisipan, wawancara semi setruktur, dan dokumentasi berupa gambar. Untuk analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) perencanaan manajemen kesiswaan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa meliputi: proses perencanaan dilakukan dengan musyawarah yang dikoordinir oleh kepala madrasah dengan waka kesiswaan, waka bidang kesiswaan dalam pelaksanaan perencanaan manajemen peserta didik membentuk sebuah tim guna mempermudah dalam melaksanakan tugasnya, dalam perencanaan manajemen peserta didik untuk meningkatkat kedisiplinan siswa MA Negeri 4 Banyuwangi menerapkan tata tertib berupa sistem poin. 2) penerimaan siswa baru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa meliputi: membentuk tim/panitia yang bertugas khusus dalam penerimaan peserta didik baru, penentuan jumlah siswa yang diterima di MA Negeri 4 Banyuwangi menyesuaikan dengan jumlah kelas, guru, dan sarana dan prasarana yang ada, menerapkan 2 sistem dalam penerimaan peserta didik baru, dan melakukan MATSAMA bagi siswa yang sudah diterima berupa pengenalan kedisiplinan di sekolah serta lingkungan sekolah 3) evaluasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa meliputi: tatib mencatatat pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa di sekolah, melakukan pengawasan siswa sekolah, membuat laporan terhadap kegiatan siswa yang telah berlangsung di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190103 Art Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Reni Faujiah
Date Deposited: 26 May 2023 09:24
Last Modified: 26 May 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23841

Actions (login required)

View Item View Item