Strategi Solutif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Suci Kecamatan Panti

Hanafi, Nindy Faradila (2023) Strategi Solutif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Suci Kecamatan Panti. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NINDY FARADILA HANAFI_T20193158.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kepala madrasah tidak hanya seorang guru, tetapi juga seorang guru yang memiliki kewajiban tambahan sebagai kepala pengelola lembaga. Dan merupakan komponen pendidikan yang memegang peranan paling penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Peran dan fungsi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru juga sangat penting.
Fokus penelitian yang diteliti diantara: 1) Bagaimana Perumusan Strategi Solutif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di MTs Raudlatul Ulum? 2) Bagaimana Implementasi Strategi Solutif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di MTs Raudlatul Ulum? 3) Bagaimana Evaluasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di MTs Raudlatul Ulum? Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mengetahui Perumusan Strategi Solutif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Raudlatul Ulum Suci. 2) Untuk mengetahui Implementasi Strategi Solutif Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Raudlatul Ulum Suci. 3) Untuk mengetahui Evaluasi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Raudlatul Ulum Suci.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Perumusan Strategi meliputi: proses strategi, pembentukan visi, misi, dan tujuan, Analasis SWOT. Implementasi Strategi: kepala madrasah selalu memberikan rekomendasi bagi para guru yang ingin mengasah dan meningkatkan kemampuannya baik dengan melanjutkan pendidikan, mengikuti kegiatan seperti bimtek, diklat, kegiatan yang berkaitan dengan MGMP, dan seminar-seminar. Evaluasi strategi: dengan menilai guru sesuai kompetensi, yakni pedagogik, kepribadian, profesioanl, dan sosial.

Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nindy Faradila Hanafi
Date Deposited: 29 May 2023 07:14
Last Modified: 29 May 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23849

Actions (login required)

View Item View Item