DESAIN KURIKULUM PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI AL KHOZINI MANGLI KALIWATES JEMBER)

Putri, Annisa Firdaus (2023) DESAIN KURIKULUM PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI AL KHOZINI MANGLI KALIWATES JEMBER). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
PUTRI ANNISA FIRDAUS_T20191075.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tantangan yang di hadapi pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan
semakin hari semakin besar karena dampak dari perubahan zaman serta kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti yang di alami oleh Pondok Pesantren
Mahasiswi Al Khozini yang dimana adatnya masih bercampur antara tradisional
dan modern, meskipun begitu bukan berarti dampak perubahan zaman itu tidak
dapat masuk kedalam lingkungan pesantren apalagi seluruh santrinya adalah
mahasiswi yang pasti memiliki wawasan yang luas
Fokus penelitian pada penelitian ini sebagai berikut : pertama, Bagaimana
Kurikulum Pondok Pesantren Mahasiswi Al Khozini dalam membentuk karakter
santri dan kedua, Bagaimana Strategi Pondok Pesantren Mahasiswi Al Khozini
dalam membentuk karakter santri.
Tujuan penelitan ini adalah: pertama, untuk mendeskripsikan desain
kurikulum Pondok Pesantren Mahasiswi Al Khozini dalam membentuk karakter
santri dan kedua, untuk mendeskripsikan strategi Pondok Pesantren Mahasiswi Al
Khozini dalam membentuk karakter santri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi
kasus. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive
sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan. Uji keabsaan data yang digunkan adalah trianggulasi sumber dan
trianggulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Pertama, kurikulum
Pondok Pesantren Mahasiswi Al Khozini dalam membentuk karakter santri di
antaranya kurikulum di susun oleh stakeholder pesantren melalui forum
musyawarah, kurikulum pesantren disusun tahun 2017 berdasarkan identifikasi
kebutuhan dan kontekas belajar mahasiswa UIN KHAS. Adapun Kurikulumnya
Bersifat intrakurikuler, kajian kitab kuning dan Bersifat ko-kurikuler. Sedangkan
evaluasi kurikulum dilakukan tiga kali evaluasi dalam setahun yaitu pada setiap
satu bulan sekali fokus membahas tentang karakter, dan tiga bulan sekali fokus
pada kegiatan pondok pesantren serta evaluasi pada satu tahun sekali fokus
membahasan tentang kinerja pengurus. Kedua, strategi pembentukan karakter di
Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Khozini melalui : Metode Uswah Hasanah,
sholat berjamaah, kegiatan pondok, jum‟at berkah dan ro‟an disamping itu ada
piket harian dan koperasi jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169904 Studies of Maori Society
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Putri Annisa Firdaus
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:14
Last Modified: 05 Jun 2023 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23850

Actions (login required)

View Item View Item