Nilai karakter dalam serial kartun Boruto: Naruto Next Generation episode 221-226

Mabruroh, Siti Suudiatul (2023) Nilai karakter dalam serial kartun Boruto: Naruto Next Generation episode 221-226. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Suudiatul Mabruroh_T20191349.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Film merupakan salah satu bentuk media yang memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi, menginspirasi, dan mencerminkan nilai-nilai dalam masyarakat. Melalui cerita, karakter, dialog, dan visualnya, film memiliki potensi untuk menyampaikan pesan moral, sosial, dan budaya kepada penontonnya. Oleh karena itu, penting untuk memahami nilai-nilai yang terkandung dalam film, salah satu film yang memiliki banyak nilai karakter adalah serial kartun Boruto: Naruto Next Generation. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis dan mendeskripsikan nilai karakter jujur, kerja keras, dan peduli sosial dalam serial kartun Boruto: Naruto Next Generation episode 221-226. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi pustaka, serta teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, dengan menggunakan analisis data semiotika dengan model analisis semiotika Charles Sanders Peirce, untuk teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Nilai karakter jujur yang terdapat di serial kartun Boruto: Naruto Next Generations episode 221−226 yakni diantaranya adalah berbuat sesuai aturan (tidak curang), dan berkata yang benar (tidak berbohong), 2) Nilai karakter kerja keras yang terdapat di serial kartun Boruto: Naruto Next Generations episode 221−226 diantaranya tidak mudah menyerah, memberikan motivasi kepada orang lain, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, dan selalu nampak antusias dan semangat, 3) Nilai karakter peduli sosial yang terdapat di serial kartun Boruto: Naruto Next Generations episode 221−226 diantaranya adalah penuh perhatian kepada orang lain, menolong orang yang celaka, menunjukkan pengorbanan kenyamanan diri demi untuk kebaikan orang dan yang terakhir dapat merasakan apa yang orang lain rasakan dan memberikan respons positif terhadap perasaan itu.

Kata Kunci: nilai karakter; serial kartun Boruto: Naruto Next Generations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190202 Computer Gaming and Animation
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Siti Suudiatul Mabruroh
Date Deposited: 29 May 2023 07:30
Last Modified: 29 May 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23852

Actions (login required)

View Item View Item