Implementasi Manajemen Sumber Daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Curah Kates Kelompangan Ajung Jember

rahayu, rita (2023) Implementasi Manajemen Sumber Daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Curah Kates Kelompangan Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RITA MARDIANI PUJI RAHAYU-T20183089.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sumber Daya Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Manajemen sumber daya manusia merupakan proses pengelolaan sumber daya manusia, salah satu jenis sumber daya manusia yaitu pemdidik dan tenaga kependidikan. Dengan tujuan agar lembaga dapat memperoleh tenaga pendidik dan kependidikan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh lembaga. Dan nantinya tenaga pendidik dan kependidikan tersebut dapat menjalankan tugasnya dengan baik.
Fokus penelitian yang diteliti ialah: 1) Bagaimana proses perencanaan manajemen sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di MI Miftahul Huda? 2) Bagaimana pelaksanaan rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di MI Miftahul Huda? 3) Bagaimana pelaksanaan pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di MI Miftahul Huda?. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan manajemen sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di MI Miftahul Huda Curah Kates Kelompangan Ajung Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data. Kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini ialah: 1) Perencanaan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan di MI Miftahul Huda Curah Kates dilakukan dengan cara mengidentifikasi kebutuhan dari pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di lembaga dengan cara mendata jumlah pendidik dan beban jam mengajarnya, serta mengidentifikasi siapa saja yang hendak cuti, mutasi, dll; 2) Rekrutmen dan seleksi di MI Miftahul Huda Curah Kates dilakukan dengan: a) Yayasan telah menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga untuk melakukan perekrutan sendiri, b) dalam perekrutan lebih mengutamakan calon yang berdomisili tidak jauh dari lembaga, c) dalam perekrutan dipublikasikan melalui media sosial seperti WhatsApp, d) pelamar datang langsung ke lembaga untuk menyerahkan berkas lamarannya. Sedangkan dalam proses seleksi pelamar yang sesuai dengan kriteria akan dipanggil untuk melakukan wawancara dengan Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah; 3) Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dilakukan dengan: a) dalam pelatihan mengikut sertakan pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti kegiatan workshop untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mereka, b) untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan, kepala madrasah mengikat sertakan mereka dalam kegiatan diklat dan mengarahkan mereka untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs. Rita Rahayu
Date Deposited: 29 May 2023 05:08
Last Modified: 29 May 2023 05:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23859

Actions (login required)

View Item View Item