Implementasi Etika Bisnis Islam di Toko Basmalah Cabang Ajung

Junita, Siti (2021) Implementasi Etika Bisnis Islam di Toko Basmalah Cabang Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sili Junita_083 144 180.pdf

Download (3MB)

Abstract

Etika Bisnis Islam saat ini menjadi topik yang sangat menarik bagi praktisi bisnis, Etika sendiri merupakan pedoman moral dalam kehidupan manusia yang akan membimbing manusia untuk menentukan mana yang baik dan yang buruk, mana yang boleh dan yang tidak boleh. Menumbuhkan kedisiplinan dan integritas yang baik pada praktisi bisnis menjadi target penting dalam menjalankan sebuah usaha. Disisi lain etika bisnis islam adalah strategi yang sangat sempurna jika dijadikan sebagai terobosan baru dalam menerapkan kedisiplinan dan integritas yang baik, dimana hal tersebut akan membawa kebaikan pada nilai perusahaan di mata masyarakat luas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana Implementasi Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam di Toko Basmalah Cabang Ajung ?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui Implementasi prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam Di Toko Basmalah Cabang Ajung. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: Toko Basmalah Ajung menerapkan etika bisnis islam dalam aktifitas transaksi jual beli yang ada ditokonya. Terdapat 7 prinsip etika bisnis yang di terapkan oleh Toko Basmalah Ajung, yaitu : a) Jujur dalam takaran dengan cara mengawasi secara bersama proses penimbangan produk-produk basmalah. b) Menjual barang yang baik mutunya (quality) dengan cara memasok barang yang tidak rusak dan cacat serta barang sudah berlabel MUI dan berasal dari perusahaan yang terkemuka seperti unilever dan wings. c) Tidak menggunakan sumpah (al-qasm). d) Longgar dan bermurah hati (tatsamuh dan taraahum) dengan cara memberikan pelatihan excelen service bagi karyawan toko dan melakukan evaluasi setiap harinya. e) Membangun hubungan baik (interrelationship/silat al-rahym) antara kolega dengan cara merangkul pelaku UMKM dengan cara mendistribusikan produknya dan merangkul pedagang kelontongan dengan menjadi tempat kulaan dengan harga yang bersahabat. f) Tertib administrasi dengan cara mencatat semua transaksi yang terjadi di toko basmalah ajung secara komputerisasi. g) Menetapkan harga dengan transparan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 May 2023 05:07
Last Modified: 29 May 2023 05:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item