Pengaruh Kompetensi Tutor Terhadap Pengelolaan Pemebalajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru Kabupaten Banyuwangi.

Timah, Siti Fa (2021) Pengaruh Kompetensi Tutor Terhadap Pengelolaan Pemebalajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fa Timah_T20173024.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Kompetensi Tutor, Pengelolaan Pembelajaran, PKBM Miftahun Najah. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah merupakan pendidikan nonformal yang bertempat di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Adapun program yang dilaksanakan PKBM Miftahun Najah antara lain yaitu: program kesetaraan paket A, B, dan C, program kursus Bahasa Inggris dan Komputer, serta Bimbingan Belajar SD, SMP, dan SMA. Selain itu PKBM Miftahun Najah sudah bisa memperoleh rekor MURI di Bidang Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dengan kategori pembelajaran kejar paket B dan C dengan metode daring serta menjadi inisiator penerapan pembelajaran daring PKBM se-Kabupaten Banyuwangi dengan menggunakan setara daring dan Edmodo. Sehingga untuk dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, maka seorang tutor harus melakukan sebuah pengelolaan pembelajaran di kelas. Dimana pengelolaan pembelajarn akan baik jika seorang tutor memiliki kompetensi yang baik pula. Dalam hal ini terdapat tiga isu utama yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Bagaimana kompetensi tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)? 2) Bagaimana pengelolaan pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)? 3) Apakah ada pengaruh antara kompetensi tutor terhadap pengelolaan pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)?. Rumusan masalah tersebut sekaligus menjawab tujuan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yakni:1) untuk mengetahui kompetensi tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. 3) Untuk menganalisis ada atau tidak pengaruh kompetensi tutor terhadap pengelolaan pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan menggunakan observasi, angket atau kuesioner serta dokumentasi sebagai teknik pengumplun data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier sederhana. Sedangkan teknik sampling menggnunakan strata sampel dengan pelaksanaan proporsional sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru kategori sangat baik sebesar 52% , kategori baik sebesar 48%, kategori sedang sebesar 0%, kategori rendah sebesar 0%, dan kategori sangat rendah 0%. Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi tutor di PKBM Miftahun Najah Kalibaru tergolong kategori sedang dengan interval presntase 41% - 60%. 2) Pengelolaan Pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru kategori sangat baik sebeasr 63%, kategori baik sebesar 37%, kategori sedang sebesar 0%, kategori rendah sebesar 0%, dan kategori sangat rendah sebesar 0%. Sehingga hal tersebut dapat dinayatakan bahwa pengelolaan pembelajaran di PKBM Miftahun Najah Kalibaru tergolong kategori baik dengan interval presentase 61% - 80%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi tutor terhadap pengelolaan pembelajaran di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Berdasarkan dengan nilai signifikansi 0,043 > 0,05 dengan besar pengaruh 21,5%, sedangkan yang 78% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 May 2023 07:49
Last Modified: 29 May 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23893

Actions (login required)

View Item View Item