Implementasi Pendidikan Moral untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Raudlotul Muhlisin Pondokrejo Jember Tahun Pelajaran 2020-2021.

Holihah, Siti (2021) Implementasi Pendidikan Moral untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Raudlotul Muhlisin Pondokrejo Jember Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Holilah_T20175028.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan moral adalah kumpulan dasar-dasar pendidikan moral serta keutamaan sikap dan watak yang wajib dimiliki oleh seorang anak dan yang dijadikan kebiasaannya. Tidak diragukan lagi bahwa keluhuran akhlak, tingkah laku, dan watak adalah buah keimanan yang tertanam dalam menumbuhkan agama yang benar. Jika seorang anak pada masa kanak-kanaknya tumbuh di atas rasa takutnya kepada-Nya, dan berserah diri kepada-Nya, maka akan terjaga dalam dirinya kefitrahan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendidikan moral pada kelompok B di TK Raudlotul Muhlisin Pondokrejo Jember? (2) Bagaimana hasil pengimplementasian pendidikan moral untuk mengembangkan kecerdasan spiritual pada kelompok B di TK Raudlotul Muhlisin Pondokrejo Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan penerapan pendidikan moral pada kelompok B di TK Raudlotul Muhlisin Pondokrejo Jember (2) menjelaskan hasil mengimplementasikan pendidikan moral untuk mengembangkan kecerdasan spiritual pada kelompok B di TK Raudlotul Muhlisin Pondokrejo Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tiga tehnik yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan tehnik Hasil penelitian ini : (1) Penerapan pendidikan moral di TK Raudlotul Muhlisin yaitu melalui (a) ketauladanan, (b)pembelajaran, dan (c)pembiasaan. (2) Hasil pengimplementasian pendidikan moral pada kelompok B di TK Raudlotul Muhlisin menggunakan beberapa cara, antara lain tim guru menyesesuaikan dengan Standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) usia 5-6 tahun, kecerdasan spiritual pada anak usia 5-6 tahun termasuk dalam aspek perkembangann Nilai Agama dan Moral (NAM). Terlihat dari indikator pencapaian aspek tersebut meliputi anak mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, dan menghormati (toleransi) agama orang lain. Kata Kunci: Pendidikan Moral, Kecerdasan Spiritua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 May 2023 07:49
Last Modified: 29 May 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23896

Actions (login required)

View Item View Item