Strategi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) An-Nahdliyah Kota Probolinggo Dalam Meningkatkan Pelayanan prima Bagi Calon Jamaah Haji.

Huzaimah, Siti (2021) Strategi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) An-Nahdliyah Kota Probolinggo Dalam Meningkatkan Pelayanan prima Bagi Calon Jamaah Haji. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Huzaimah_D20174008.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci :Strategi,Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh. Strategi merupakan suatu langkah-langkah yang harus disusun untuk dapat mencapai tujuan bersama. Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) merupakan sarana informasi pertama bagi calon jamaah haji dan umroh sehingga calon jamaah tidak merasa kebingungan ketika sedang melakukan ibadah haji dan umroh di tanah suci Makkah. Maka dari itu KBIHU kini sudah dapat kita temui di berbagai daerah di Kecamatan maupun Kabupaten salah satunya adalah KBIHU An-Nahdliyah Kota Probolinggo. KBIHU An-Nahdliyah adalah KBIHU yang setiap tahunnya mendelegasikan jamaah haji terbanyak dibanding KBIHU lain yang ada di Kota Probolinggo. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi Kelompok Bimbingan IbadahHaji (KBIHU)An-NahdliyahKota Probolinggodalam meningkatkan pelayanan prima bagi calon jamaah haji ?2) Apa faktorpendukungdan faktor penghambat Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIHU) An-Nahdliyah Kota Probolinggo dalam meningkatkan pelayanan prima bagi calonjamaahhaji ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan mengenaistrategiyang digunakanKBIHU An-Nahdliyah Kota Probolinggo dalammeningkatkan pelayanan prima bagi calon jamaah haji. 2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat KBIHU An-Nahdliyah Kota Probolinggo dalam meingkatkan pelayanan prima bagi calon jamaah haji. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research) dapat juga disebutsebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif.2 Karena penelitian ini lebih menitik beratkan kepada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan.3 Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan taksonomi yang bersifat deskripsif, menganalisis strategi pelayanan dan mengetahui timbal balik positif yang ada di KBIHUAn-Nahdliyah Kota Probolinggo. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan1) Strategi yang digunakan dalam melakukan pelayanan kepada calon jamaah haji oleh KBIHU An-Nahdliyah Kota Probolinggo yaitu Pertama Strategi menjemput bola, Kedua strategi menggiring bola, dan Ketiga Pemenuhan kebutuhan dengan menanamkan rasa ikhlas Lillahita’ala niat mengamalkan dan mengajarkan ilmu secara teori dan praktikdalam membimbing.2) Faktor pendukung yaitu: Pertama rasa taggung jawab, dan Kedua rasa senang. Faktor penghambat yaitu: Pertama Kurangnya kesadaran calon jamaah haji, dan Kedua gedung yang tidak memadai sebagai sarana berlangsungnya proses pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 May 2023 07:49
Last Modified: 29 May 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23898

Actions (login required)

View Item View Item