Romadhona, Siti Khovivah (2021) Pengembangan E-handout Biologi Yang Diintegrasikan Dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Sistem Reproduksi Untuk Peserta Didik Kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Khovivah Romadhona_T20178074.pdf Download (15MB) |
Abstract
Kata Kunci: E-handout, Integrasi, Materi Sistem Reproduksi Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pendidik biologi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran daring berupa lembar kerja siswa (lks), materi berformat pdf, power point, maupun video dari youtube. Salah satu tugas yang diberikan oleh pendidik selama pembelajaran daring yaitu “tugas wajib” yang wajib dikerjakan pada setiap materi yang selesai disampaikan dengan me-resume materi tersebut. Selain itu, selama pembelajaran daring penyampaian materi integrasi antara ayat-ayat Al-Qur’an dengan materi biologi tidak disampaikan, namun sebelumnya materi pengintegrasian tersebut disampaikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan bahan ajar berbasis elektronik berupa e-handout biologi yang di dalamnya memuat materi pengintegrasian antara ayat-ayat Al-Qur’an dengan materi sistem reproduksi agar peserta didik tidak lagi me-resume materi yang diberikan juga tetap mendapatkan materi pengintegrasian . Penelitian bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember ditinjau dari aspek validasi materi, 2) Mendeskripsikan kevalidan e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember.ditinjau dari aspek validasi media. 3) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem reproduksi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Robert Maribe Branch melalui empat tahapan ADDIE yang disederhanakan yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementation. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Jember, pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen validasi yang diserahkan kepada 3 validator ahli materi dan 2 validator ahli media dari dosen IAIN Jember dan satu pendidik biologi di MAN 3 Jember. Adapun hasil penelitian ini yaitu 1) kevalidan e-handout biologi yang ditinjau dari aspek validasi materi memperoleh persentase sebesar 94,25% dengan kategori sangat valid, 2) kevalidan e-handout biologi yang ditinjau dari aspek validasi media memperoleh persentase sebesar 95,20% dengan kategori sangat valid, dan 3) respon peserta didik terhadap e-handout biologi memperoleh persentase sebesar 82,19% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-handout biologi yang diintegrasikan dengan ayat-ayat AlQur’an pada materi sistem reproduksi dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran biologi untuk peserta didik kelas XI IPA di MAN 3 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 30 May 2023 01:51 |
Last Modified: | 30 May 2023 01:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23901 |
Actions (login required)
View Item |