Kontroversi hukum mengucapkan selamat Natal dalam diskursus tafsir lisan di Indonesia: Analisis wacana kritis Theo Van Leeuwen

Yasmin, Arini Dina (2023) Kontroversi hukum mengucapkan selamat Natal dalam diskursus tafsir lisan di Indonesia: Analisis wacana kritis Theo Van Leeuwen. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARINI DINA YASMIN_U20191072.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mengucapkan selamat Natal kepada para umat Kristiani telah menjadi kontroversi di kalangan para penceramah dalam media sosial. Sebagian penceramah mendakwahkan bahwa dengan mengucapkan selamat Natal telah menjadikan seorang muslim keluar dari agamanya dan berpindah ke agama Kristen. Sementara yang lain melihat bahwa mengucapkan selamat Natal adalah bagian dari pergaulan sosial yang tidak akan mengeluarkan seseorang dari keislamannya. Studi ini meneliti kontroversi argumen dari masing-masing kelompok atau penceramah yang membolehkan dan mengharamkan mengucapkan selamat Natal kepada umat Nasrani.

Ada 3 fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini, (1) Bagaimana pro-kontra hukum mengucapkan selamat Natal dalam diskursus tafsir pada media sosial di Indonesia? (2) Bagaimana konteks sosio-historis yang melatarbelakangi kontroversi tersebut (3) Apa implikasi pro-kontra hukum mengucapkan selamat Natal dalam diskursus tafsir di media sosial terhadap hubungan antar agama?.

Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian netnografi karena sumber datanya berasal dari data-data yang ada di internet. Data dikumpulkan melalui metode melihat, mendengar dan mencatat. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik kualitatif dengan menggunakan metode Miles dan Huberman.

Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. 1) bahwa ada 3 argumen yang digunakan oleh kelompok pro maupun kontra mengenai hukum mengucapkan selamat Natal, yaitu argumen quranik, sosiologis dan teologis, 2) bahwa terjadinya pro kontra itu dilatarbelakangi oleh konteks masyarakat Indonesia yang plural secara agama, di samping itu hubungan antar agama seringkali diwarnai oleh kecurigaan karena masing-masing kelompok agama berusaha menyebarkan agamanya kepada kelompok yang lain, 3) bahwa pro kontra ini berimplikasi terhadap relasi Islam Kristen, yaitu akan masih banyak kecanggungan di dalamnya jika hal-hal yang melatarbelakangi kontroversi ini tidak diselesaikan.

Kata Kunci: Kontroversi Selamat Natal; AWK Theo Van Leuween; Tafsir Lisan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Arini Dina Yasmin
Date Deposited: 30 May 2023 02:01
Last Modified: 30 May 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item