Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Maesan Tahun Ajaran 2020/2021.

Maghfiroh, Siti (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di SMP Negeri 1 Maesan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maghfiroh_T20169023.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Kearifan Lokal, Ilmu Pengetahuan Sosial Seorang calon guru IPS bukan hanya menciptakan pembelajaran yang efektif melalui penyampaian materi pada peserta didik, akan tetapi harus bisa menciptakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Dalam hal ini peneliti merumuskan permasalahan penelitian yaitu: bagaimana kelayakan dan respon siswa terhadap produk lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII di SMPN 01 Maesan tahun ajaran 2020/2021? Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap produk lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitan dan pengembangan (research and development) dengan model Dick and Carey dengan pembagian 4 tahap meliputi: 1) tahap perencanaan (mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, melaksanakan analisis pembelajaran, mengidentifikasi tingkah laku dan karakter peserta didik, merumuskan tujuan performansi, mengembangkan butir-butir tes acuan pokok, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih material pembelajaran). 2) tahap penulisan dan penyusunan LKS 3) tahap pengembangan (validasi, mendesain dan melakukan evaluasi formatif, dan merevisi LKS). 4) tahap produk akhir. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari angket validasi. sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data pada penelitian meliputi: observasi, wawancara, angket dan metode tes. Hasil validasi dari beberapa ahli diantaranya: ahli materi dengan prosentase skor nilai 78% kategori cukup valid, ahli desain dengan prosentase skor nilai 85% kategori valid, ahli bahasa dengan prosentase skor nilai 87% kategori valid, ahli pengguna dengan prosentase skor nilai 90%kategori valid. Hasil uji coba skala kecil kelas VII A dengan prosentase skor nilai 83% kategori valid dan uji coba skala besar kelas VII B dengan prosentase skor nilai 86% kategori valid. Hasil uji keefektifan LKS berdasarkan prosentase ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan uji skala kecil kelas VII A yang berjumlah 4 siswa, terdapat 3 siswa yang tuntas sedangkan 1 siswa tidak tuntas atau tidak mencapai KKM dengan prosentase 75% kategori efektif. Pada skala besar kelas VII B berjumlah 30 siswa, terdapat 26 siswa yang tuntas sedangkan 4 siswa tidak tuntas atau tidak mencapai KKM dengan prosentase 87% sangat efektif. Hasil uji N-gain skala kecil kelas VII A dengan skor 0,57 kategori sedang dan skala besar kelas VII B dengan skor 0,78 kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS ini layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 01:47
Last Modified: 30 May 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23908

Actions (login required)

View Item View Item