Pengembangan E-Whorksheet Pembelajaran Biologi Menggunakan Soal HOTS Berbasis Edmodo pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas X MIPA di MAN 1 Jember.

Wardah, Siti Nafisatul (2021) Pengembangan E-Whorksheet Pembelajaran Biologi Menggunakan Soal HOTS Berbasis Edmodo pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas X MIPA di MAN 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nafisatul Wardah_T20168040.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci: E Worksheet, Edmodo, HOTS. E-Worksheet merupakan lembar kerja siswa versi digital berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Dalam E-Worksheet atau lembar kerja terdapat petunjuk, materi dan aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa, sehingga hal ini akan lebih mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan E-Worksheet dalam pembelajaran akan lebih menyenangkan, tidak membuat siswa merasa bosan dan membuat siswa terbiasa menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Lembar kerja yang digunakan disekolah biasanya berupa kegiatan yang ada di buku LKS dengan soal-soal yang cukup sederhana dan berkaitan dengan materi dalam buku LKS namun lembar kerja tersebut kurang mampu untuk siswa. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan e worksheet pembelajaran biologi berbasis edmodo menggunakan soal HOTS pada materi ekosistem untuk siswa yang dapat mengatasi problematika yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai kevalidan dari media e worksheet berbasis edmodo menggunakan soal HOTS dengan tahapan: 1) Menjelaskan proses pengembangan e-whorksheet pembelajaran biologi menggunakan soal HOTS berbasis edmodo pada materi ekosistem untuk siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember. 2) Menjelaskan validitas pengembangan ewhorksheet pembelajaran biologi menggunakan soal HOTS berbasis edmodo pada materi ekosistem untuk siswa kelas X MIPA di MAN 1 Jember. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan proses pengembangan e worksheet mulai dari analisis, desain, dan pengembangan produk serta proses validasi pada ahli media dan ahli evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari (Analyse, Design, Development, Imlementation, Evaluation), tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan (develop) karena keterbatasan waktu dan kondisi pandemi covid-19. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi. Poses pengembangan E Worksheet pembelajaran biologi menggunakan soal HOTS dimulai dengan pembuatan akun di Edmodo baik akun guru maupun akun siswa, pengembanngan butir soal HOTS dengan tahapan menetukan tujuan tes, menentukan kompetensi yang akan di ujikan, menetukan materi, pembuatan kisi-kisi soal, butir soal, kartu soal, dan pedoman pensekoran. Berdasarkan hasil uji validitas yang dilakukan, bahwa E-Whorksheet Pembelajaran Biologi Menggunakan Soal HOTS Berbasis Edmodo pada Materi Ekosistem untuk Siswa Kelas X MIPA di MAN 1 Jember layak digunakan dalam proses pembelajaran, dengan hasil uji validitas dari ahli materi atau soal diperoleh presentase 97.6% untuk soal pre tes, dan 98,6% untuk soal post tes serta hasil uji validitas dari ahli media diperoleh presentase 89,6% dengan dengan kategori validitas sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 03:05
Last Modified: 30 May 2023 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item