Implementasi Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah AlKawtsar Panti Jember.

Aini, Siti Nur (2021) Implementasi Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah AlKawtsar Panti Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Aini_T20174021.pdf

Download (6MB)

Abstract

Memasuki Tahun Pelajaran semester genap, Madrasah Ibtida’iyah Al-Kawtsar menerapkan pembelajaran offline. untuk Pembelajaran aqidah akhlak dilaksanakan pada hari selasa dan rabu. Guru aqidah akhlak kelas III mencari solusi agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan,dengan mengunakan model Pembelajaran Example Non-Examples memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan menggunakan contoh-contoh gambar yang disediakan. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah Al-Kawtsar Panti Jember 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III pada di Madrasah Ibtida’iyah Al-Kawtsar Panti Jember. 3) Bagaimana evaluasi Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah Al-Kawtsar Panti Jember. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah Al-Kawtsar Panti Jember, 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III di Madrasah Ibtida’iyah Al-Kawtsar Panti Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Model Pembelajaran Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas III pada di Madrasah Ibtida’iyah Al-Kawtsar Panti Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi NonPartisipan, wawancara semi terstuktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukan oleh Miles and Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Perencanaan Model Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq dilakukan guru dengan menetapkan silabus dan RPP, serta media gambar Example Non-Examples, dan pembentukan kelompok yang terdiri 4 anak. 2. Pelaksanaan Model Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup,3.Evaluasi Model Example Non-Examples pada Pembelajaran Aqidah Akhlaq meliputi tes lisan dengan memberikan pertanyaan langsung yang disertai gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 03:05
Last Modified: 30 May 2023 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23920

Actions (login required)

View Item View Item