Strategi Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga Bagi Pasangan Pernikahan Dini (Studi Kasus Di RW. 17 Kelurahan Mimbaaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo).

Jamilah, Siti Nur (2021) Strategi Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga Bagi Pasangan Pernikahan Dini (Studi Kasus Di RW. 17 Kelurahan Mimbaaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Jamilah_S20171002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Keharmonisan rumah tangga, Pernikahan dini. Keharmonisan dalam rumah tangga merupakan dambaan setiap pasangan suami istri yang telah menikah. Keharmonisan itu sendiri dapat dilihat melalui kerukunan dalam rumah tangga tersebut, rasa kebahagiaan, jarang terjadinya konflik dalam rumah tangga, serta saling memiliki rasa penuh kasih dan sayang. Akan tetapi realita yang terjadi di masyarakat, pernikahan yang dilakukan sebelum cukupnya umur/dibawah umur dapat menyebabkan dampak terhadap keharmonisan dalam pernikahan, namun pasangan pernikahan dini sendiri memiliki strategi untuk mewujudkan rumah tangga yang harmonis. Fokus masalah yang dibahas adalah 1) Apa masalah/problem yang dihadapi pasangan pernikahan dini dalam mewujudkan keluarga yang harmonis. 2) Apa strategi yang dilakukan pasangan pernikahan dini dalam mewujudkan keluarga yang harmonis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem yang dihadapi pasangan pernikahan dini dan apa saja strategi yang dilakukan pasangan pernikahan dini dalam mewujudkan sebuah keluarga yang harmonis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian melalui penelitian lapangan (Field research) yang bersifat deskriptif kualitatif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pernikahan dini yang terjadi di Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo ratarata mengalami problem ekonomi dan labilnya emosi pada usia dibawah umur dalam rumah tangga mereka. 2) Ketujuh pelaku pasangan pernikahan dini tersebut dalam mewujudkan keluarga yang harmonis masih belum memiliki strategi khusus dalam menyelesaikan masalah, akan tetapi memiliki strategi masingmasing dalam menyelesaikan masalah rumah tangganya hingga harmonis sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012821 Nikah Dini
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 03:15
Last Modified: 30 May 2023 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item