Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA MAN 4 Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021

Adawiyah, Siti Robiul (2021) Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA MAN 4 Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Robiul Adawiyah_T20178045.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata kunci: kemandirian belajar, hasil belajar siswa. Kemandirian belajar adalah bentuk suatu usaha yang dilakukan siswa untuk melakukan aktivitas belajar dengan inisiatif sendiri untuk berkreasi dalam belajar dengan tidak bergantung kepada orang lain. Dengan kemandirian belajar tersebut siswa akan dapat mengembangkan nilai, sikap pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang dimiliki. Kemandirian merupakan salah satu faktor yang ada dalam diri siswa yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI IPA MAN Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel 89 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket skala likert dan tes soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI IPA MAN Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021 dengan ditunjukkan bahwa nilai signifikansi dari data tersebut sebesar 0,000 yang dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Keeratan hubungan kedua variabel tersebut tergolong sangat kuat dan memiliki hubungan bernilai positif yang artinya bersifat searah jika nilai kemandirian belajar naik, maka hasil belajar naik. Begitupun sebaliknya, jika nilai kemandirian belajar rendah, maka hasil belajar rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 03:47
Last Modified: 30 May 2023 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23924

Actions (login required)

View Item View Item