PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR BERDENDANG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V-A MI UNGGULAN NURUL ISLAM (NURIS) JEMBER

Iftitah Alfiah Husna, Alfiah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR BERDENDANG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V-A MI UNGGULAN NURUL ISLAM (NURIS) JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iftitah Alfiah Husna_T20184006.pdf
Restricted to Registered users only until 30 May 2025.

Download (4MB)

Abstract

Iftitah Alfiah Husna, 2023: Pengembangan Media Roda Putar Berdendang Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V-A MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Roda Putar Berdendang, Tematik

Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai alat yang membawa pesan dan informasi antara guru dan siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah media Roda Putar Berdendang. MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember merupakan salah satu madrasah yang menerapkan media Roda Putar Berdendang dalam proses pembelajarannya. Namun, media Roda Putar Berdendang tersebut masih perlu dilakukan adanya pengembangan, dikarenakan bahan untuk pembuatan media kurang kokoh sehingga membuat media rentan mengalamai kerusakan dan tidak bertahan lama. Maka dari itu Penelitian pengembangan ini bermaksud untuk menyempurnakan media Roda Putar Berdendang yang pernah ada sebelumnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana Produk Media Roda Putar Berdendang Pada Pembelajaran Tematik Kelas V-A Di MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember ? 2)Bagaimana Kelayakan Pengembangan Media Roda Putar Berdendang Pada Pembelajaran Tematik Kelas V-A Di MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember ? 3) Bagaimana Efektifitas Pengembangan Media Roda Putar Berdendang Pada Pembelajaran Tematik Peserta V-A Di MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Menghasilkan produk berupa Media Roda Putar Berdendang Pada Pembelajaran Tematik Kelas V-A Di MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember 2)Mengetahui Kelayakan Dari Media Media Roda Putar Berdendang Pada Pembelajaran Tematik Kelas V-A Di MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember 3)Mengetahui Efektifitas Pengembangan Pengembangan Media Roda Putar Berdendang Pada Pembelajaran Tematik Kelas V-A Di MI Unggulan Nurul Islam (NURIS) Jember.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry pada tahun 1996 terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah Roda Putar Berdendang. Pembuatannya berbahan dasar dari triplek dibentuk lingkaran kemudian dibagi beberapa bagian yang terdapat pertanyaan dan terdapat musik ketika media dimainkan. (2) Hasil kelayakan Media Roda Putar Berdendang dibuktikan dengan uji validasi kepada ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Prosentasi validasi oleh 3 tim ahli diperoleh nilai rata-rata 94% yang artinya media Roda Putar Berdendang dikategorikan sangat valid dan layak digunakan. (3) Hasil keefektifan Media Roda Putar Berdendang diketahui dari hasil belajar peserta didik menggunakan tes pretest dan posttes kemudian dihitung menggunakan N-Gain Score dengan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 48%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190501 Crafts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Iftitah Alfiah
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:39
Last Modified: 05 Jun 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23925

Actions (login required)

View Item View Item