Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Peljaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Curahdami Sukorambi Jember.

Rohemi, Siti (2021) Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Peljaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Curahdami Sukorambi Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Rohemi_T20171240.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam MTs, Fathur rahman merupakan salah satu sekolah terdekat di daerah curahdami sukorambi, yang mana terdapat mata pembelajaran yang memperdalam pengetahuan tentang agama islam salah satunya yaitu pelajaran sejarah kebudayaan islam, yang mana merupakan pebelajaran yang mudah membuat siswa jenuh dikarenakan siswa akan mudah merasa bosan dengan cerita masa lampau yang telah terjadi, maka dari itu berpengaruh dalam proses belajar dan pembelajaran yang mana kurangnya motivasi belajar siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana motivasi intrinsik siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam MTs. Fathur Rahman kelas VIII semester genap tahun 2020/2021?; 2) Bagaimana motivasi ekstrisik siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam MTs. Fathur Rahman kelas VIII semester genap tahun 2020/2021?; 3) Untuk mengetahui hasil pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan keinginan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian naratif. Subyek penelitiannya dilakukan dengan cara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model hasil ujian atau tes kepada siswa . Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Siswa MTs. Fathur rahman pada pertemuan pertama memang memiliki keinginan belajar sejarah kebudayaan islam yang rendah bebrapa siswa saja, beberapa lainnya ada yang memiliki keingin tahuan dalam belajar yang lebih tinggi. 2) Siswa MTs. Fthur Rahman motivasi ekstrinsik siswa dapat dilihat lebih meningkat yang mana siswa disini mebutuhkan dorongan dari guru baik berupa support secara lisan maupun dalam bentuk hadiah, karena siswa akan merasa lebih dihargai, begitu pula dengan faktor pendorong lainnya seperti fasilitas, strategi pembelajaran, teman sebaya, agar siswa tidak merasa monoton dalam belajar. 3) setelah pemberian reward dan punishment keinginan siswa belajar sejarah kebudayaan islam meningkat, siswa yang pada awal mulanya malas akan lebih tertarik jika diberikan ganjaran dan yang memang rajin akan semakin meningkatkan kemampuannya agar bisa mendapatkan apresiasi dari guru dan teman yang lain. Hal ini juga dapat menimbulkan keyakinan kepada siswa dalam mengerjakan tugas, jika diapresiasi dan mendapat pengakuan dari guru maupun teman kelas maka akan muncul kepuasan pada diri siswa, sehinggga guru mudah dalam mengkondusifkan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 03:48
Last Modified: 30 May 2023 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23926

Actions (login required)

View Item View Item