Upaya Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Strategi Pelatihan Menjahit Oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP)

Alisyah, Sitti (2020) Upaya Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Strategi Pelatihan Menjahit Oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sitti AIisyah_D20162024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Kepala Desa, Pemberdayaan Masyarakat, PNPM MP Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MP) merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan. Di desa Jumpong merupakan salah satu Desa yang difasilitasi oleh PNPM MP. Program yang di setujui oleh pengurus PNPM MP salah satunya program pelatihan menjahit. PNPM MP memfasilitasi mulai dari gedung pelatihan, alat-alat mesin menjahit serta kelengkapannya dan pelatih menjahit. Dalam pemberdayaan juga butuh namanya strategi pemberdayaan untuk mendukung kelancaran program yang telah di rencanakan. Dengan metode atau tehnik yang di fokuskan pada tujuan pemecahan permasalahan yang ada di masyarakat. Kepala Desa Jumpong memiliki strategi yang dapat di respon aktif oleh anggota pelatihan menjahit di Desa Jumpong yang di fasilitasi oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan. Fokus penelitian: 1. Bagaimana upaya Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat melalui strategi pelatihan menjahit oleh PNPM MP? 2. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan menjahit oleh PNPM MP? Tujuan peneltian: Bagaimana upaya Kepala Desa dalam pemberbadayaan masyarakat melalui strategi pelatihan menjahit oleh PNPM MP dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pemberbadayaan masyarakat melalui pelatihan menjahit oleh PNPM MP. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman. Hasil peneltian: upaya Kepala Desa dalam pemberbadayaan masyarakat melalui strategi pelatihan menjahit oleh PNPM MP: 1. Mengidentifikasi dan Melakukan Musyawarah dengan masyarakat. 2. Mengajukan proposal kegiatan ke PNPM MP. 3. Memberikan Motivasi untuk peserta pelatihan. 4. Memberikan pelatihan menjahit di Desa Jumpong. 5. Mengorganisir kelompok pelatihan menjahit. 6. Mengevaluasi kegiatan pelatihan menjahit. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat pemberbadayaan masyarakat melalui pelatihan menjahit oleh PNPM MP. Faktor pendukung: 1. Tingginya minat masyarakat untuk mengikuti pelatihan menjahit. 2. Masyarakat saling memberikan motivasi agar semangat mengikuti pelatihan. 3. Sarana prasarana yang memadai. 4. Metode pelatihan yang menarik. Adapun faktor penghambatnya ialah: 1. Rasa tidak percaya diri. 2. Masyarakat memiliki keterbatasan waktu 3. Masyarakat memiliki profesi yang lebih menjanjikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 03:48
Last Modified: 30 May 2023 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23930

Actions (login required)

View Item View Item