Jamila, Sitti (2021) Pengaruh Relationship Marketing dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sitti Jamila_E20171150.pdf Download (6MB) |
Abstract
Semakin bertambahnya tahun persaingan dalam dunia perbankan saat ini khususnya yang ada di Indonesia baik itu bank konvensional ataupun bank syariah mengalami kemajuan yang sangat pesat dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga perlu adanya sebuah strategi agar bank tersebut bisa tetap eksis, lebih unggul dan bertahan. Menafsirkan hal tersebut, strategi yang dapat dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar ialah dengan menekankan diri dalam membina hubungan dengan nasabah yang disebut dengan istilah relationship marketing dan menjaga kualitas hubungannya yang di sebut dengan istilah relationship quality. BPRS Bhakti Sumekar adalah Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten Sumenep. Bank ini didirikan dalam bentuk perseroan terbatas (PT) pada tanggal 16 September 2002. Tujuan didirikannya bank tersebut adalah untuk meningkatkan dan memanfaatkan potensi perekonomian daerah untuk secara merata meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah Setelah terciptanya hubungan atau relasi yang baik dengan nasabah (relationship marketing) maka BPRS Bhakti Sumekar harus mampu menjaga kualitas hubungannya dengan nasabah (relationship quality), walaupun pada realitanya mempertahankan nasabah lama lebih sulit dari pada mendapatkan nasabah baru. Maka dari itu BPRS Bhakti Sumekar harus benar-benar mampu mepertahankan nasabah-nasabahnya, khususnya bagi nasabah lama agar tetap aktif, setia dan loyal. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah ada pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep? (2) Apakah ada pengaruh relationship quality terhadap loyalitas nasabah di BPRS BHAKTI SUMEKAR Cabang Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep? (3) Apakah ada pengaruh relationship marketing dan relationship quality secara simultan terhadap loyalitas nasabah di BPRS BHAKTI SUMEKAR Cabang Pasongsongan Kec Pasongsongan Kab. Sumenep? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Relationship Quality terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Relationship Marketing dan Relationship Quality secara simultan terhadap loyalitas nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pasongsongan Kec. Pasongsongan Kab. Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Populasi dan sampel penelitian ini yaitu kepada digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pasongsongan Kec. Pasonsongan Kab. Sumenep dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 98 responden dengan teknik simple random sampling. Alat analisa data berupa uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2 ) dengan bantuan SPSS Statistics Versi 22. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel relationship marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS BHAKTI SUMEKAR Cabang Pasongsongan Kec Pasongsongan Kab. Sumenep. Variabel relationship marketing thitung 5,361 dengan tingkat signifikansi 0,000 Karena thitung 5,361 > ttabel 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan pada variabel relationship quality tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS BHAKTI SUMEKAR Cabang Pasongsongan Kec Pasongsongan Kab. Sumenep. Dimana thitung sebesar -0,775 dengan tingkat signifikansi 0,440. Karena thitung -0,775 < ttabel 1,985 sedangkan tingkat signifikan 0,440 > 0,05. Sedangkan secara simultan variabel relationship marketing dan relationship quality berpengaruh signfikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai Fhitung > Ftabel 20,459 > 3,09, nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci : Relationship Marketing, relationship quality dan loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 30 May 2023 03:48 |
Last Modified: | 30 May 2023 03:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23931 |
Actions (login required)
View Item |