Nilai pendidikan karakter ekstrakurikuler jamub (jam’iyah mubalighin) dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Miftahul Ulum Tamansari Wuluhan

Prastyo, Moh. Sholeh Bagus (2023) Nilai pendidikan karakter ekstrakurikuler jamub (jam’iyah mubalighin) dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Miftahul Ulum Tamansari Wuluhan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. SHOLEH BAGUS PRASTYO_T20191327..pdf

Download (3MB)

Abstract

Penguatan pendidikan karakter bisa di aplikasikan melalui kegiatan Intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Karakter adalah jati diri seseorang yang telah terbentuk dalam proses kehidupan oleh sejumlah nilai-nilai etis yang dimilikinya, berupa pola pikir, sikap dan perilakunya. karena ketika seseorang atau negara sudah kehilangan karakter maka penerus bangsa pun akan hilang seiring dengan hilangnya karakter itu sendiri. Pondok Pesantren miftahul ulum ini menggunakan kegiatan ekstrakurikuler Jam’iyah Mubalighin untuk membentuk karakter dengan konsep kegiatan yang unik, yakni simulasi. Fokus penelitian 1) Bagaimana pembentukan nilai pendidikan karakter Religius santri dalam kegiatan ekstrakurikuler Jam’iyah Mubalighin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tamansari-Wuluhan?, 2) Bagaimana pembentukan nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif santri dalam kegiatan ekstrakurikuler Jam’iyah Mubalighin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tamansari-Wuluhan?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan nilai pendidikan karakter santri melalui kegiatan ekstrakurikuler Jam’iyah Mubalighin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tamansari Wuluhan?. Tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan bentuk nilai pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrkurikuler Jam’iyah Mubalighin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tamansari-Wuluhan; 2) Mendeskripsikan bentuk nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif melalui kegiatan ekstrkurikuler Jam’iyah Mubalighin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tamansari-Wuluhan; 3) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembentukan nilai pendidikan karakter kegiatan ekstrakurikuler jam’iyah Mubalighin di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tamansari Wuluhan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pasif, wawancara, dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.Penelitian ini sampai pada Simpulan bahwa 1) pembentukan nilai pendidikan karakter religius melalui kegiatan Ekstrakurikuler Jam’iyah Mubalighin ini berupa pembacaan ayat suci Al-Qur’an, materi pidato dan pembacaan sholawat diba’iyah dan mahalul qiyam; 2) pembentukan nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif melalui kegiatan Ekstrakurikuler Jam’iyah Mubalighin terbentuk melelui konsep acara berupa simulasi kepanitian yang teridentifikasi dengan indikator; 3) faktor pendukung meliputi motivasi dan semangat santri, fasilitas yang diberikan, dukungan dari kepala madrasah diniyah dan faktor penghambat kurang latihan, datang terlambat, tidak membayar kas, bahkan tidak datang saat kegiatan.

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Jam’iyah Mubalighin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mr. Moh. Sholeh Bagus Prastyo
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:43
Last Modified: 05 Jun 2023 00:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23941

Actions (login required)

View Item View Item