Implementasi Monitoring Dalam Upaya Meminimalisir Pembiayaan Modal Kerja Bermasalah Di BMT UGT Sidogiri cabang Jenggawah.

Arbakiyah, Sofiyatul (2021) Implementasi Monitoring Dalam Upaya Meminimalisir Pembiayaan Modal Kerja Bermasalah Di BMT UGT Sidogiri cabang Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sofiyatul Arbakiyah_E20161040.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada prakteknya, penyaluran dana melalui pembiayaan sudah pasti ada resiko. Dan salah satu contoh pembiayaan yang berisiko pada BMT adalah pembiayaan modal kerja, karena dalam realisasi pembiayaan menggunakan akad mudharabah, dikarenakan dalam nisbahnya akad ini memang sudah ditetapkan namun karena kemudahan akad inilah yang membuat nasabah banyak berminat di akad ini. Dan peluang untuk pembiayaan modal kerja di BMT juga besar karena banyak yang berminat, namun karena kemudahan dalam pembiayaan modal kerja ini banyak disalahgunakan oleh masyarakat dan dengan begitu seringlah terjadi kecurangan yang dilakukan oleh nasabah dan pihak BMT harus mengambil resiko tersebut. Fokus masalah yang diteliti di skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah implementasi monitoring pembiayaan modal kerja di BMT UGT Sidogiri cabang Jenggawah ?, 2) Bagaimanakah upaya yang dilakukan pihak BMT UGT Sidogiri cabang Jenggawah dalam meminimalisir pembiayaan modal kerja bermasalah ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekripsikan mengenai implementasi monitoring dalam pembiayaan modal kerja di BMT UGT Sidogiri cabang Jenggawah dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pihak BMT UGT Sidogiri cabang Jenggawah dalam meminimalisir pembiayaan modal kerja bermasalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melakukan penelitian langsung berupa wawancara untuk mendapatkan data. Untuk tehnik pengumpulan data dengan wawancara dan studi kepustakaan. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode penelitian kualitatif yang dipadukan dengan teori kepustakaan, kemudian dari semua data yang terkumpul diolah secara sistematis. Hasil penelitian ini yakni 1) Pelaksanaan monitoring produk pembiayaan modal kerja di BMT UGT Sidogiri cabang Jenggawah selalu dilakukan dalam setiap tahapnya. Tahap tersebut mulai dari pengajuan permohonan pembiayaan, penyerahan persyaratan, melakukan survei kepada nasabah hingga pencairan. 2) Upaya BMT dalam meminimalisir angka pembiayaan modal kerja yang bermasalah di BMT UGT Sidogiri Cabang Jenggawah yakni melalui dua hal: 1) Mengubah peraturan lebih tegas dan ketat dalam memilih nasabah seperti halnya tidak diperbolehkan mengajukan pembiayaan atas nama oranglain dan diharuskan yang bersangkutan datang ke kantor 2) Melakukan beberapa kali survei untuk menentukan keakuratan data calon nasabah, meliputi pemeriksaan 5C. Kata Kunci: Monitoring, Pembiayaan Modal Kerja, Pemeriksaan 5C

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 07:07
Last Modified: 30 May 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23943

Actions (login required)

View Item View Item