Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Budaya Suku Osing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Mts Al Huda Pada Materi Segiempat

Ninit Dwi, Noviastuti (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Budaya Suku Osing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Mts Al Huda Pada Materi Segiempat. Undergraduate thesis, UIN KH achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ninit Dwi Noviastuti_T20197041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa Mts Al Huda dalam menyelesaikan soal cerita pada materi segiempat. Kemampuan berpikir kritis dapat didefinisikan sebagai kemampuan berpikir secara reflektif atau terus menerus serta memiliki penjelasan dalam pengambilan keputusan dengan memperhatikan indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikaitkan dengan budaya Suku Osing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis budaya suku osing di kelas eksperimen. Mengetahui kemampuan berpikir ktitis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol di Mts Al Huda pada materi segiempat. Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa pada materi segiempat. Selain itu untuk mengetahui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis budaya suku osing efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Al Huda pada materi segiempat.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunkan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Huda. Dalam Pengambilan sampel digunkan teknik purposive sample dengan VII A sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen.
Dari hasil Uji Independent sample t test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0,006. Dimana nilai 0,006 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hasil posttest diperoleh rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 73,4615 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis kelas kontrol yaitu 68,4896. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis kelas kontrol. Jadi dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis budaya suku osing efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII Mts Al Huda pada materi segiempat.
Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Budaya Suku Osing, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010506 Statistical Mechanics, Physical Combinatorics and Mathematical Aspects of Condensed Matter
Depositing User: Ninit Dwi Noviastuti
Date Deposited: 30 May 2023 07:29
Last Modified: 30 May 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23946

Actions (login required)

View Item View Item