Pengaruh Tax Payer Factors Terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2 (Studi Kasus Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi)

Ariyani, Sri Bekti (2020) Pengaruh Tax Payer Factors Terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2 (Studi Kasus Desa Watukebo Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sri Bekti Ariyani_E20163014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pajak merupakan kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara untuk kesejahteraan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Apakah Pengetahuan Pajak berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2? (2) Apakah Sanksi Pajak berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2? (3) Apakah Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2? (4) Apakah Tingkat Kepercayaan Pada Pemerintah berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2? (5) Apakah Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Kepercayaan Pada Pemerintah berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh Pengetahuan Pajak yang signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh Sanksi Pajak yang signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh Kesadaran Wajib Pajak yang signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2. (4) Untuk mengetahui adanya pengaruh Tingkat Kepercayaan Pada Pemerintah yang signifikan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2. (5) Untuk mengetahui adanya pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Tingkat Kepercayaan Pada Pemerintah yang signifikan secara simultan terhadap Efektifitas Pemungutan PBB – P2. Peneliti menggunakan jenis penelitian statistik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak didesa watukebo kecamatan blimbingsari kabupaten banyuwangi. Tehnik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan sampel yang digunakan sebanyak 98 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan : (1) pengetahuan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel efektifitas pemungutan PBB-P2. (2) sanksi pajak berpengaruh signifikan terhadap variabel efektifitas pemungutan PBB-P2. (3) kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel efektifitas pemungutan PBB-P2. (4) tingkat kepercayaan pada pemerintah berpengaruh signifikan terhadap variabel efektifitas pemungutan PBB-P2. (5) variabel pengetahuan pajak, sanksi pajak, kesadaran wajib pajak, dan tingkat kepercayaan pada pemerintah berpengaruh signifikan terhadap efektifitas pemungutan PBB-P2 . Kata Kunci: Tax Payer Factor dan efektifitas pemungutan PBB-P2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 May 2023 07:25
Last Modified: 30 May 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23947

Actions (login required)

View Item View Item