Pelaksanaan Kegiatan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB) dalam Membentuk Sikap Sosial dan Spiritual Anggota Pramuka IAIN Jember.

Kamala, Suci Ikfiani (2021) Pelaksanaan Kegiatan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB) dalam Membentuk Sikap Sosial dan Spiritual Anggota Pramuka IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suci Ikfiani Kamala_D20163023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembentukan sikap sosial dan spiritual merupakan proses yang dialami setiap individu untuk menggambarkan keadaan, watak, dan akhlak yang berkenaan antara dirinya dengan orang lain atau masyarakat dan moral yang mampu memeberikan pemahaman untuk membedakan sesuatu yang benar dan yang salah berdasarkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME. Gerakan Pramuka merupakan sebuah organisasi kaum muda untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepramukaan. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah :1. Bagaimana pelaksanaan kegiatan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB) dalam membentuk sikap sosial dan spiritual anggota Pramuka IAIN Jember? 2. Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat kegiatan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB) dalam membentuk sikap sosial dan spiritual anggota Pramuka IAIN Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah :1. Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB) dalam membentuk sikap sosial dan spiritual Pramuka IAIN Jember. 2. Mengetahui dan mendeskripsikan mengenai faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB) dalam membentuk sikap sosial dan spiritual anggota Pramuka IAIN Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, dan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa :1. Pelaksanaan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB) adalah kegiatan diklat ruang dan diklat lapang dengan memaksimalkan nilai-nilai sosial dan spiritual 2. Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan PSKB dalam mebentuk sikap sosial dan spiritual diantaranya adalah: Faktor internal: Adanya semangat, sungguh-sungguh, dan patuh menjalankan aturan yang ada dalam kegiatan PSKB. Faktor eksternal: Dukungan moril dari instansi, pemberian motivasi oleh purnabhakti dan kaka-kakak sebelumnya yang sudah mengikuti PSKB dan seluruh peserta saling memberi semangat. Faktor penghambat pelaksanaan kegiatan PSKB dalam membentuk sikap sosial dan spiritual diantaranya: Faktor internal: Kurangnya taat peraturan, lelah, tutur kata tidak baik (berbicara kotor). Faktor eksternal: Cuaca yang kurang mendukung dan perizinan tempat pelaksanaan yang sulit. Kata Kunci: Pelaksanan Kegiatan Perjalanan Suci dan Kemah Bhakti (PSKB), Pembentukan Sikap Sosial dan Spiritual, Pramuka IAIN Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 May 2023 01:04
Last Modified: 31 May 2023 01:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23949

Actions (login required)

View Item View Item