Disposisi matematis siswa berdasarkan gaya belajar kolb dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV kelas VIII MTs Unggulan Nuris Jember

Fikri, Nashrullah (2023) Disposisi matematis siswa berdasarkan gaya belajar kolb dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV kelas VIII MTs Unggulan Nuris Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FIKRI NASHRULLAH_T20197124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Disposisi matematis adalah kecenderungan sikap dan perilaku positif dalam belajar matematika sehingga merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dapat memunculkan disposisi matematis siswa melalui diskusi kelompok dalam menyelesaikan masalah. Tipe gaya belajar kolb masing-masing memiliki sikap dan ciri yang berbeda dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran yang terperinci mengenai karakteristik disposisi matematis berdasarkan gaya belajar kolb dalam menyelesaikan masalah matematika.
Berdasarkan konteks penelitian, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana disposisi matematis siswa berdasarkan gaya belajar kolb dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV kelas VIII MTs Unggulan Nuris Jember. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan disposisi matematis siswa berdasarkan gaya belajar kolb dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV kelas VIII MTs Unggulan Nuris Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII E MTs Unggulan Nuris Jember. Sebanyak 30 siswa mengisi angket gaya belajar kolb kemudian dipilih 4 subjek dari masing-masing tipe gaya belajar kolb yang diamati lebih mendalam berdasarkan angket dan rekomendasi guru mata pelajaran . Masing-masing subjek terdiri dari 1 siswa yang memiliki tipe converger, diverger, assmilator, dan acomodator.
Hasil penelitian menunjukan bahwa disposisi matematis siswa berdasarkan gaya belajar kolb tipe converger dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki atau mengusai 3 aspek yaitu, ketekunan, fleksibilitas dan reflektif. Pada siswa dengan gaya belajar kolb tipe diverger dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki atau mengusai 2 aspek yaitu keingintahuan dan fleksibilitas. Pada siswa dengan gaya belajar kolb tipe assimilator dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki atau mengusai 4 aspek yaitu, percaya diri, keingintahuan, fleksibilitas dan reflektif. Pada siswa dengan gaya belajar kolb tipe acomodator dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki atau mengusai 2 aspek yaitu ketekunan dan reflektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: Fikri Nash rullah
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:46
Last Modified: 05 Jun 2023 00:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23950

Actions (login required)

View Item View Item