Pandangan dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Dini Akibat Hamil Pra Nikah (Studi Kasus Desa Kupang Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso.

Hasanah, Susidatul (2020) Pandangan dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Dini Akibat Hamil Pra Nikah (Studi Kasus Desa Kupang Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Susidatul Hasanah_S20161015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena pernikahan dini merupakan masalah yang selalu menjadi bahan menarik untuk diperbincangkan dan diperdebatkan, kerena banyak menimbulkan pro kontra dari berbagai pihak, berbagai tanggapan dan persepsi tentang menikah di usia dini semakin bermunculan. Ada yang menanggapi dengan positif, namun tak jarang pula yang memandang negatif. Pernikahan di usia dini tidaklah lah heran jika mengingat fakta perilaku seksual remaja melakukan hubungan sek diluar nikah sehingga berujung pada pernikahan dini, salah satunya yang diakibatkan hamil sebelum menikah, katakanlah zina dini. Sebagai orang tua tidak ada pilihan pada anak itu selain menikah dengan orang yang menghamilinya. Alasan daripada itu menyegerakan pernikahan adalah selain untuk menutupi aib keluarga dan menyelamatkan status anak pasca kelahiran serta menjaga dari fitnah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dan persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini akibat hamil pra nikah di Desa Kupang Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sifat penelitian kualitatif-deskriptif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan dan menguraikan suatu masalah khususnya pandangan dan persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini akibat hamil pra nikah dengan jenis penelitian lapangan (fieldresech) yang dilakukan di Desa Kupang Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso dengan metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun fokus masalah ini adalah: 1. Bagaimana kondisi pernikahan dini akibat hamil pra nikah di Desa Kupang Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso, 2. Bagaimana pandangan dan persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini akibat hamil pra nikah di Desa Kupang Kecamatan Pakem Kebupaten Bondowoso. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Kondisi pernikahan dini akibat hamil pra nikah di Desa Kupang Kecamatan pakem Kabupaten Bondowoso tidaklah harmonis, ketidak harmonisan ini disebabkan karena keduanya belum siap untuk menjadi seorang ayah dan seorang ibu. 2. Pandangan dan persepsi masyarakat terhadap pernikahan dini akibat hamil pra nikah membolehkan dan sebaiknya segera dinikahkan karena sudah terlanjur hamil diluar nikah. Alasan ini kerena untuk menjaga nama baik keluarganya dan juga kepada yang bersangkutan, serta untuk menyelamatkan status anak pasca kelahiran. Kata kunci: Pandangan dan Persepsi Masyarakat, Pernikahan Dini, Hamil Pra Nikah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012821 Nikah Dini
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 May 2023 01:57
Last Modified: 31 May 2023 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23955

Actions (login required)

View Item View Item