Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Pada Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Wulandani, Tri Budi (2020) Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Pada Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tri Budi Wulandani_T20164036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Ibtidayah Ma’arif Condro adalah salah satu lembaga yang menerapkan pembelajaran daring karena dampak dari wabah Covid-19. Dalam mempertahankan semangat belajar siswa, guru perlu menjadi motivator dan inisiator selama melaksanakan proses pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan media-media belajar yang menunjang pembelajaran daring untuk menjaga motivasi belajar siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatan kualitas belajar siswa pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember?, 2) Bagaimana peran guru sebagai inisiator dalam meningkatan kualitas belajar siswa pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatan kualitas belajar siswa pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. 2) Mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai inisiator dalam meningkatan kualitas belajar siswa pada pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Lokasi penelitian terletak di Madrasah ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Subjek penelitian adalah Kepala Madrasah, Guru Kelas VB, Siswa dan Orang Tua kelas VB. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi/kesimpulan. Hasil dan kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran daring yaitu dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, memberikan penguatan, pujian atau apresiasi secara verbal. Guru mendengarkan keresahan dan keinginan siswa agar terjalin ikatan yang baik antara guru dan siswa. 2) Peran guru sebagai inisiator dalam meningkatkan kualitas belajar pada pembelajaran daring yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan media-media yang berkembang saat ini, seperti Whatsapp, Facebook, Google Meet dan Google Form. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini dapat memudahkan guru dan siswa dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 May 2023 02:43
Last Modified: 31 May 2023 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23962

Actions (login required)

View Item View Item