Implementasi Strategi Word Square pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balungkulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

Nafisyah, Ulil Maziyatin (2021) Implementasi Strategi Word Square pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balungkulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulil Maziyatin Nafisyah_T20174003.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam (MI Nuris) 02 Balungkulon Jember khususnya dalam pembelajaran IPS beberapa guru masih menggunakan metode konvensional. Hal ini terbukti dari beberapa Tema yang diajarkan masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan saja. Hal ini berbeda dengan yang terjadi di kelas IV, guru kelas IV berinovasi menggunakan strategi salah satunya strategi Word Square yang didalamnya terdapat suasana belajar sambil bermain di kelas. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan strategi Word Square pada pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Madrsah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balungkulon Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 2) Bagaimana pelaksanaan strategi Word Square pada pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balungkulon Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 3) Bagaimana evaluasi strategi Word Square pada pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balungkulon Jember tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam penerapan Strategi Word Square pada Pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam 02 Balungkulon Jember tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitiatif dan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di MI Nurul Islam 02 Balungkulon Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Hubermen dan Saldana yaitu: kondensasi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan strategi Word Square yaitu: a) Menyiapkan program tahunan, program semester, dan silabus di awal semester oleh guru kelas. b) Menyusun RPP setiap tema dengan alokasi waktu 85 menit tiap pertemuan dengan melibatkan Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru kelas dan guru mapel. c) Menyiapkan sumber belajar berupa buku guru dan buku siswa yang dilengkapi dengan gambar peta persebaran Sumber Daya Alam. d) Guru membuat Word Square dalam bentuk LKS beserta form aspek penilaian sebagai evaluasi masing-masing Sub Tema. e) Membuat dan Menyiapkan media Word Square setiap minggu menggunakan kertas manila, kertas lipat. 2) Pelaksanaan strategi Word Square yaitu: a) Kegiatan awal adalah: melakukan tanya jawab mengenai materi sebelumnya, menginformasikan Tema 6 yang akan dipelajari, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberi ice breaking dan memotivasi. b) Kegiatan inti adalah: Guru menjelaskan materi, tanya jawab, mengarahkan peserta didik untuk membaca materi, menggaris bawahi materi, melakukan tanya jawab, membagikan lembar kerja Word Square, memberi waktu , mempresentasikan jawaban c) Kegiatan akhir adalah: Bersama-sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran, melakukan tanya jawab dan meminta pendapat, memotivasi, menginformasikan pembelajaran berikutnya, mengajak peserta didik untuk berdoa dan ditutup dengan salam. 3) Evaluasi strategi Word Square yaitu: a) Evaluasi strategi Word Square berupa evaluasi harian di akhir pembelajaran berupa soalsoal dalam bentuk Word Square. b) Evaluasi formatif berupa soal tes tulis setiap akhir Tema yang didalamnya ada dua soal yang berupa Word Square. c) Evalusi Sumatif di akhir semester berupa soal tes tulis. d) Pemberian reward kepada peserta didik yang tercepat mengumpulkan/menempel jawaban dan mendapatkan nilai tinggi/skor bintang terbanyak, peserta didik yang mempresentasikan jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:30
Last Modified: 05 Jun 2023 00:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23965

Actions (login required)

View Item View Item