Implementasi E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negeri7 Jember.

Azmi, Ulul (2020) Implementasi E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Negeri7 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulul Azmi_T20151139.pdf

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti mengenai penerapan pembelajaran PAI melalui aplikasi Edmodo yang baru digunakan oleh 2 sekolah di daerah Jember, salah satunya di SMP Negeri 7 Jember. Penggunaan Aplikasi Edmodo tidak dengan mudah diterapkan, perlu adanya sambungan internet untuk berlangsungnya pembelajaran di kelas dengan baik. Kebijakan guru dalam memilih Aplikasi Edmodo sebagai pembelajaran mengikuti perkembangan zaman yang siswa butuhkan yaitu adanya akses internet. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati proses penerapan pembelajaran PAI yang menggunakan aplikasi Edmodo di SMP Negeri 7 Jember. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1). Bagaimana perencanaan aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember?. 2) Bagaimana pelaksanaan aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember?. 3) Bagaimana evaluasi aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan interaktif model Miles dan Huberman, langkah-langkahnya: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember memiliki panduan kurikulum 2013 lengkap sebagai acuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung. 2) Pelaksanaan aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember berjalan sesuai dengan konsep dan struktural yang sesuai dengan RPP dan silabus. Pelaksanaan aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan teori komponen pembelajaran yaitu adanya pendahuluan, inti, dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi pembelajaran aplikasi edmodo pada pembelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Jember memiliki dua bentuk evaluasi, evaluasi hasil belajar dilaksanakan dengan ujian di pertengahan semester dan akhir semester. Sementara itu evaluasi proses belajar dilakukan dengan pengerjaan soal-soal (mini test) yang terdapat di dalam aplikasi Edmodo seusai penjelasan materi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 31 May 2023 03:20
Last Modified: 31 May 2023 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23966

Actions (login required)

View Item View Item