Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syari’ah Terhadap Perkembangan Usaha Di Kalangan Pedagang Pasar Mangli Kabupaten Jember.

Fianti, Ulvia Nur (2020) Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syari’ah Terhadap Perkembangan Usaha Di Kalangan Pedagang Pasar Mangli Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulvia Nur Fianti_E20161024.pdf

Download (27MB)

Abstract

Alasan penelitian ini dilakukan adalah dilatarbelakangi belum adanya penelitian yang meneliti tentang pengaruh langsung literasi keuangan berdasarkan prinsip syariah terhadap perkembangan usaha, terutama pada kelompok usaha mikro seperti yang memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian dibagi menjadi 4 bagian yaitu: 1.Apakah ada pengaruh signifikan secara parsial variabel financial knowledge, 2. financial behavior, 3. financial attitude terhadap variabel perkembangan usaha di kalangan pedagang Pasar Mangli Kabupaten Jember? 4. Apakah financial knowledge, financial behaviour, financial attitude secara simultan berpengaruh terhadap variabel perkembangan usaha di kalangan pedagang Pasar Mangli Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, financial behaviour dan financial attitude secara parsial dan simultan terhadap perkembangan usaha di kalangan pedagang Pasar Mangli Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner dalam pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel penelitian 63 responden. Variabel penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Untuk variabel dependen (y) adalah perkembangan usaha, untuk variabel independen (x) meliputi: financial knowledge (X1), financial behaviour (X2), dan financial attitude (X3), metode analisis data dengan menggunakan model regresi linier berganda. Sedangkan untuk olah data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan financial knowledge dan financial attitude tidak berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha pedagang pasar tradisional, Hal ini dikarenakan pengetahuan pedagang pasar akan edukasi lembaga keuangan diperkirakan masih kurang dan mayoritas pedagang pasar memilih mengelola uang dengan cara konvensional tanpa melibatkan lembaga keuangan. Sementara financial behaviour berpengaruh positif terhadap perkembangan usaha pada pedagang pasar tradisional. Berarti sebagian pedagang telah melakukan perencanaan, penganggaran, pengelolaan, pengendalian dan penilaian tentang keuangan mereka. Sedangkan koefisien determinasi (R2 ) pada Adjusted R2 sebesar 0,391 artinya variabel independen yaitu Financial knowledge (X1), financial behaviour (X2) dan Financial attitude (X3) memberikan pengaruh bersama terhadap perkembangan usaha sebesar 39,1% dan sisanya 60,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : Financial knowledge, Financial behaviour, Financial attitude dan perkembangan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:28
Last Modified: 05 Jun 2023 00:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23968

Actions (login required)

View Item View Item