Analisis Hambatan Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode ELearning Pada Era New Normal Kelas IX Di SMPN 7 Jember.

Masruroh, Umi Mukaromatul (2021) Analisis Hambatan Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode ELearning Pada Era New Normal Kelas IX Di SMPN 7 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Mukaromatul Masruroh_T20177059.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Hambatan siswa, Pembelajaran matematika, Metode e-learning. Metode e-learning merupakan salah satu sistem pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa pada masa pandemi. Namun dalam proses pembelajaran e-learning yang tidak maksimal, tentunya mengakibatkan banyak hambatan yang dihadapi oleh peserta didik, hal ini terlihat dari ada beberapa siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran sehingga pendidik tidak bisa memantau dan mengawasi seluruh siswa yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan:(1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode e-learning pada era new normal kelas IX di SMPN 7 Jember (2) apa saja hambatan siswa dalam melaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode elearning pada era new normal kelas IX di SMPN 7 Jember dan (3) faktor yang mempengaruhi hambatan siswa dalam melaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode e-learning pada era new normal kelas IX di SMPN 7 Jember. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif jenis penelitian studi kasus. Penentuan sumber data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis data miles dan huberman. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan metode e-learning terdiri: Persiapan berisi pemberian motivasi dan penyiapan mental serta psikis siswa. Pelaksanaan yaitu penyampaian materi dengan mengirim link video pembelajaran yang diunggah ke youtube melalui whatsapp. Pembelajaran diakhiri evaluasi dengan kuis melalui google form 2) hambatan siswa kelas IX dalam pembelajaran matematika menggunakan metode e-learning diantaranya hambatan kognitif, genetis dan psikologis, didaktis, dan epistemologi dan 3) faktor yang mempengaruhi hambatan terdiri dari faktor teknis yaitu siswa sering mengalami susah sinyal dan kehabisan kuota, selain itu siswa juga tidak mahir menggunakan aplikasi, tidak mempunyai handphone sendiri,serta penggunaan aplikasi yang dianggap tidak cocok untuk pembelajaran matematika. Serta faktor proses pembelajaran matematika yaitu penjelasan guru yang sulit dipahami dan membosankan, tidak memahami langkah-langkah pembelajaran e-learning dan faktor eksternal yaitu faktor rendahnya dukungan dan bantuan orang tua dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:28
Last Modified: 05 Jun 2023 00:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23971

Actions (login required)

View Item View Item