Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo Tahun 2021

Uswatun, Hasanah (2022) Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo Tahun 2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
USWATUN HASANAH. T20151260.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Uswatun Hasanah, 2021: Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo Tahun 2021.
Pembelajaran Al-Qur’an adalah sesuatu yang digunakan sebagai perantara dalam proses belajar mengajar yang dapat merangsang pikiran dan menumbuhkan semangat peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an yang merupakan kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW lewat perantara Malaikat Jibril. Pembelajaran Al-Qur’an salah satunya dengan menghafal dan membaca secara tilawah. Ayat-ayat Al-Qur’an telah terpelihara oleh banyak orang muslim turun temurun dengan cara menghafal dan membaca secara tilawah atau dengan bacaan yang indah, sehingga tidak ada seorangpun yang dapat mengubahnya. Maka dari itu, menghafal Al-Qur’an sangatlah penting bagi seorang muslim, untuk menghafal Al-Qur’an tentunya harus mempunyai metode guna mempermudah jalannya menghafal Al-Qur’an dengan baik. Metode menghafal Al-Qur’an disini menggunakan metode Tikrar, Tikrar sendiri artinya pengulangan. Metode Tikrar digunakan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan cara mengulang-ulang bacaan Ayat Al-Qur’an yang akan dihafal minimalnya 20-40 pengulangan atau sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Fokus penelitian pada skripsi ini ada dua, yaitu: 1) Bagaimana Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan Metode Tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo Tahun 2021?, 2) Bagaimana Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an dengan Metode Tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo Tahun 2021?
Tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan Metode Tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo Tahun 2021, 2) Pembelajaran Tilawah Al-Qur’an dengan Metode Tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo Tahun 2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan teori Miles dan Huberman dengan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode atau teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan Metode tikrar di Yayasan An-Najah Kota Probolinggo, mempunyai tujuan menghafal Al-Qur’an dengan baik dan lancar dan target yang harus dicapai oleh santri adalah menghafal Al-Qur’an sehari ¼ halaman, seminggu 1 halaman dan setahun minimal 3 juz. Ustadz/ustadzah mengajak santri menghafal dengan metode talqin, dengan cara ustadz/ustadzah membacakan terlebih dahulu ayat Al-Qur’an yang mau dihafalkan untuk mencontohkan kepada santri lalu santri bersama-sama mengikuti bacaan yang sudah dicontohkan ustadz. Bacaan tersebut diulang-ulang minimalnya 20-40 pengulangan dengan menggunakan mushaf Qur’an hafalan tikrar. Dan juga dengan melakukan beberapa evaluasi santri mulai dari evaluasi ketika proses kegiatan belajar mengajar, pergantian juz Al-Qur’an sampai dengan evaluasi ujian tahunan, evaluasi tersebut dilakukan dengan tes lisan. 2) Pembelajaran tilawah Al-Qur’an dengan metode tikrar di Yayasan An-Najah yaitu dengan mengikuti sistem pembelajaran yang sudah ada di pembelajaran tahfidzul Qur’an dengan metode tikrar di atas, pembelajaran tilawah Al-Qur’an disini diharapkan santri mampu menghafal dengan bacaan Al-Qur’an yang baik, indah dan sesuai dengan kaidah tajwid, juga mengasah kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan bagus. Jadi santri tidak hanya sekedar mampu menghafal Al-Qur’an saja melainkan mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan makhorijul huruf dan kaidah tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uswah Uswatun Hasanah
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:50
Last Modified: 05 Jun 2023 00:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23973

Actions (login required)

View Item View Item