Implementasi Metode Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Puspitasari, Deffi (2023) Implementasi Metode Everyone Is A Teacher Here Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEFFI PUSPITASARI_T20181223.pdf

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK
Deffi Puspitasari, 2023: Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember.
Kata kunci: Metode everyone is a teacher here, Hasil belajar siswa, Mata pelajaran Fikih
Metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here merupakan kegiatan pembelajaran yang meliputi pemberian materi, pembagian kertas kosong, pembuatan soal, pembuatan pertanyaan-pertanyaan dan penyampaian argumen yang dilakukan oleh peserta didik. Everyone is a Teacher Here berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Dari implementasi metode everyone is a teacher here dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember yaitu: mengatasi kejenuhan dan kemonotonan dalam pembelajaran, hasil belajar meningkat, siswa lebih aktif dalam pembelajaran. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat. Adapun faktor pendukung yaitu: peran guru, peran siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu: sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Deffi Puspitasari
Date Deposited: 05 Jun 2023 00:59
Last Modified: 05 Jun 2023 00:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23976

Actions (login required)

View Item View Item